Rabu, 09 Maret 2011

kISI-KISI USBN PAI SMP 2010-2011

KISI-KISI

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

TAHUN PELAJARAN 2010/2011


by sariono sby

posted, http://referensiagama.blogspot.com

No.

Standar Kompetensi Lulusan

Kompetensi Yang Diuji

Indikator Soal

1.

Menerapkan tatacara membaca Al Qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al Syamsiyah dan Al Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad waqaf.

Menerapkan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah pada ayat Al Qur’an.

Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung bacaan “Al”, peserta didik dapat mengklasifikasi-kan contoh bacaan “Al”.

Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat Al Qur’an.

Ditunjukkan ayat Al Qur’an yang mengandung nun sukun/tanwin, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum nun sukun/tanwin.

Ditampilkan penggalan ayat Al-Qur’an yang meng-andung mim mati, peserta didik dapat memilih hukum bacaan mim mati.

Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat Al Qur’an.

Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung qalqalah, peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan qalqalah.

Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung “ra”, peserta didik dapat memilih contoh hukum bacaan “Ra”.

Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat Al Qur’an.

Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an yang meng-andung mad, peserta didik dapat menentukan jenis hukum bacaan mad.

Disajikan satu penggalan ayat Al Qur’an yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menunjukkan makna tanda waqaf tersebut

Membaca dan menjelaskan makna QS. At-Tin.

Ditampilkan ayat dari QS At-Tin secara acak, peserta didik dapat menyusun ayat dengan benar.

Ditampilkan salah satu ayat QS At-Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat dengan benar.

Membaca dan menjelaskan makna QS. Al-Insyirah.

Ditampilkan salah satu ayat QS Al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan arti ayat tersebut.

2.

Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna.

Mengimplementasikan iman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Ditampilkan salah satu ayat Al Qur’an tentang sifat Allah, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah yang terdapat pada ayat tersebut.

Ditampilkan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat memilih sifat wajib bagi Allah yang sesuai dengan perilaku tersebut.

Mengimplementasikan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat memilih contoh perilaku yang mencerminkan salah satu asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari.

Mengimplementasikan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan ayat Al Qur’an tentang tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai dengan ayat tersebut.

Mengimplementasikan iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Ditampilkan beberapa contoh tentang sikap terhadap kitab-kitab Allah, peserta didik dapat menentukan cara beriman kepada kitab-kitab Allah.

Ditampilkan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku mencintai Al Qur’an.

Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan nama-nama nabi dan rasul, peserta didik mampu mengklasifikasikan rasul-rasul ulul azmi.

Dipaparkan secara singkat kisah nabi Muhamad Saw, peserta didik dapat menentukan sifat wajib rasul dalam kisah tersebut.

Menerapkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda kiamat.

Mencontohkan cara beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.

Dipaparkan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh takdir secara tepat.

3.

Menjelaskan dan membiasa-kan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari peri-laku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.

Menerapkan perilaku terpuji (Tawadu, taat, qana’ah, sabar) dalam kehidupan sehari-hari.

Dideskripsikan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku qana’ah.

Disajikan wacana tentang musibah, peserta didik dapat menunjukkan sikap empati dalam menghadapi musibah.

Menerapkan perilaku terpuji (Kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku ulet.

Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.

Dipaparkan ilustrasi perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali perilaku zuhud.

Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari.

Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menyeleksi cara menghindari perilaku ananiah.

Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan standing party pada sebuah acara, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum dalam Islam.

Peserta didik dapat menentukan kriteria makanan yang halal dan thayib.

Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat menentukan secara tepat contoh perilaku tasamuh.

Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan beberapa contoh kasus perilaku, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku takabur.

Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat menunjukkan akibat buruk perilaku dendam.

Ditampilkan contoh sikap munafik, peserta didik mampu menunjukkan akibat dari prilaku munafik.

4.

Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.

Membedakan cara mensucikan hadas dan najis.

Ditampilkan kasus seseorang yang terkena najis, peserta didik dapat menunjukkan cara menyucikan bagian yang terkena najis secara benar.

Mengklasifikasi sebab-sebab mandi wajib.

Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik dapat menentukan secara tepat penyebab mandi wajib.

Menerapkan ketentuan–ketentuan shalat wajib.

Ditampilkan gambar salah satu gerakan shalat, peserta didik dapat menunjukkan bacaan shalat sesuai gambar.

Ditampilkan beberapa contoh perbuatan dalam shalat, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang membatalkan shalat.

Mempraktikkan shalat jamaah dan munfarid.

Disajikan ilustrasi tentang shalat berjamaah, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan shalat berjama’ah yang benar.

Menerapkan shalat jama’ dan qashar.

Dideskripsikan kasus tentang seseorang yang sedang dalam perjalanan, peserta didik dapat menentukan cara mengerjakan shalat jamak/qashar.

Menerapkan ketentuan shalat sunnat rawatib.

Ditampilkan tabel tentang nama shalat fardhu dan jumlah rakaat shalat rawatib, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat antara shalat wajib dan shalat sunat rawatib.

Menyebutkan contoh shalat sunnah berjamaah dan munfarid.

Ditampilkan daftar nama-nama shalat sunnah, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah.

Disajikan wacana tentang situasi yang sedang dihadapi seseorang/kelompok, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang sesuai.

Menjelaskan ketentuan puasa sunnah.

Disajikan ketentuan tentang puasa sunah, peserta didik mampu menunjukkan hikmah puasa sesuai.

Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.

Disajikan wacana tentang harta yang wajib dibayarkan zakatnya, peserta didik mampu menghitung kadar zakat mal.

Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.

Ditampilkan tabel tentang ketentuan haji, peserta didik dapat menentukan rukun haji.

5.

Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara.

Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.

Ditampilkan kisah yang terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw, peserta didik dapat menunjukkan sifat Rasulullah dalam kaitannya dengan misi beliau untuk semua manusia dan bangsa.

Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.

Melalui wacana tentang perjuangan Rasulullah Saw. dan para shahabat dalam menghadapi kaum kafir Quraisy, peserta didik dapat menyimpulkan sifat keteladanan Rasulullah Saw. dan para sahabat dalam wacana tersebut.

Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah.

Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah perjuangan Rasulullah Saw. dalam membangun kota Madinah.

Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.

Disajikan beberapa hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan Muslim yang turut berperan dalam mengembangkannya pada masa Abbasiyah.

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Disajikan cerita sejarah perjuangan kerajaan Islam di Nusantara dalam menghadapi penjajah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hikmah perjuangan yang terkandung di dalamnya.

Ditampilkan peta salah satu wilayah di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan kerajaan Islam yang ada di peta tersebut.

Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.

Disajikan ilustrasi tentang seni budaya yang ada di nusantara peserta didik dapat mengidentifikasi seni budaya lokal yang mengalami akulturasi dengan tradisi Islam.

Selasa, 01 Maret 2011

SEJARAH MASUK DAN PERKEMBANGAN ISLAM DIINDONESIA


SEJARAH MASUK DAN PERKEMBANGAN ISLAM DIINDONESIA
by sariono sby
posted, http://referensiagama.blogspot.com

KARAKTERISTIK MASUKNYA ISLAM DI INDONESIA
Masuknya pengaruh agama dan kebudayaan Islam di Indonesia memiliki latar berlakang yang sama dengan agama Hindu-Budha, yaitu melalui jalur perdagangan dengan pedagang Arab, India dan Cina yang terlebih dahulu telah memeluk agama Islam.
Agama Islam diperkenalkan dan disebarluaskan dengan cara yang damai, tidak melalui peperangan atau pemaksaan. Peranan wali dari penduduk asli Indonesia turut serta dalam penyebaran agama Islam, yang menjadi menarik perhatian masyarakat adlah mereka tidak membuat dirinya menjadi berbeda dengan lainnya. Penggunaan pakaian dan pendekatan bahasa adalah cara yang efektif, diperkenalkannya unsur-unsur kesenian menambah khasanah kebudayaan Indonesia
PROSES MASUKNYA AGAMA ISLAM
Rute perdagangan melalui laut yang sering dipakai dalam oleh bangsa Indonesia dan bangsa-bangsa lainnya adalah Selat Malaka, Laut Cina Selatan, Samudera Indonesia, Teluk Persia, Laut Merah, Laut Hitam, sampai Laut Tengah.
Sejak abad ke 7, sistem perdagangan Islam sudah terasa lebih maju dari bangsa-bangsa lainnya. Hal ini ditandai dengan :
1. Munculnya sistem perdagangan bebas, yaitu jual beli barang tanpa batas syarat.
2. Menggunakan perdagangan saham, bagi bangsawan bisa memberikan modal kepada suatu perusahaan dagang dengan membeli saham.
3. Banyaknya pelabuhan-pelabuhan yang dikuasai oleh pedagang Islam.

SUMBER BUKTI MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA :
a. Catatan Pedagang Arab
Berdasarkan catatan dari Ibnu Hordadzbeth (844-848), Sulayman (902), Ibnu Rosteh (903), Abu Zayid (916) dan Mas’udi (955) menyebutkan bahwa Kerajaan Sriwijaya melakukan perdagangan dengan kerajaan Oman dengan menjual kayu, timah, gading, rempah-rempah, merica, pala dan lain-lain. Ini terjadi pada tahun 7 saat Sriwijaya dipimpin oleh Raja Zabaq.
b. Catatan Ibnu Batuta
Ibnu Batuta mendapat tugas untuk melakukan pelayaran ke Cina atas perintah Moh. Ibn Tuglag dari India. Ia mengemukakan bahwa di Indonesia sudah menggunakan nama-nama yang bernuansa Arab, yakni Syekh dan Malik.
c. Catatan Marcopolo
Saat perjalanan pulang Marcopolo dari Cina dan singgah di Perlak sudah melihat adanya kerajaan Islam di Tumasik dan Samudera Pasai. Kedua kerajaan tersebut menguasai Selat Malaka dan melakukan hubungan dagang ke Gujarat dan Benggala
d. Catatan Ma Huan
Pada tahun 1400 M, Ma Huan adalah seorang penulis muslim asal Cina ikut serta bersama Laksamana Cheng-Ho yang juga Muslim melakukan eskpedisi ke tanah Jawa. Catatannya yang ditulis dalam buku Yingyai Seng-lan, menuturkan bahwa orang Cina yang bermukim di Jawa berasal dari Kanto, Zhangzhou, dan Quanzhou, kebanyakan dari mereka telah masuk Islam dan mentaati agama.
e. Catatan Tome Pires
Dalam catatan orang Portugis yang bernama Tome Pires menyebutkan bahwa pada awal abad XVI kerajaan-kerajaan di Sumatera telah menganut ajaran Islam, di Tuban dan Gresik sudah terdapat keturunan ketiga para pengusaha-pengusaha beragama Islam.
f. Batu Nisan
Ditemukannya batu nisan yang memiliki corak bernuansa Islam, antara lain:
1. Makam Fatimah binti Maimun, diperkirakan meninggal pada tahun 1025.
2. Makam Sultan Malik al-Saleh, meninggal tahun 1297.
3. Makam Syekh Maulana Malik Ibrahim, meninggal tahun 1419

WALI SONGO :
1. Maulana Malik Ibrahim atau Maulana Maghribi, menyebarkan agama Islam di Gresik dengan menggunakan pendekatan pergaulan.
2. Sunan Ampel, menyebarkan agama Islam di Surabaya.
3. Sunan Bonang putra Sunan Ampel, menyebarkan Islam di Tuban.Sunan Drajat putra ketiga Sunan Ampel, menyebarkan Islam di Sedayu (Surabaya).
4. Sunan Giri (Raden Paku) murid Sunan Ampel, menyebarkan Islam di Gresik
5. Sunan Muria, menyebarkan Islam di daerah pedalaman Kudus.
6. Sunan Kudus (Udung), menyebarkan Islam di Kudus.
7. Sunan Kalijaga (Joko Said), menyebarkan Islam di Kadilangu (Demak).Sunan
8. Gunung Jati (Fatahillah), menyebarkan Islam di Cirebon

PENGARUH DAN PENINGGALAN BUDAYA WALI SONGO
• Raden Fatah sewaktu menjadi raja Demak tidak memakaipakaian adat Arab, tetapi memakai kuluk, jamang dan sumping.
• Cerita wayang lebih bervariasi, diambil cerita-cerita rakyat dan cerita dari kitab Mahabarata dan Ramayana. Bentuk wayang yang semula boneka dimodifikasi menjadi pipih terbuat dari kulit.
• Menara Mesjid Kudus mirip dengan candi dengan bentuk atap menyerupai pura.
• Sunan Giri menciptakan lagu-lagu bernuansa Islam, seperti Ilir-ilir dan Jamuran

AKULTURASI BUDAYA HINDU-BUDDHA DENGAN SILAM
• UPACARA ADAT
Pada tahun 1284 Saka atau 1362 M, raja Hayam Wuruk melakukan acara srada untuk memperingati wafatnya Rajapatni. Tradisi penghormatan terhadap roh nenek moyang terasa masih sangat kental, walaupun sudah masuk agama Hindu-Budha. Di saat masuknya agama Islam, upacara seperti ini tidak hilang malah dibumbui dengan unsur-unsur Islam.
• SENI BANGUNAN
Arsitektur bangunan mesjid dibuat secara khusus untuk membedakan dengan bangunan lainnya. Biasanya atap mesjid dibuat bertingkat, denah persegi panjang, memiliki serambi depan atau samping, dikelilingi benteng dan gerbang berbentuk gapura. Contoh-contoh mesjid seperti ini dapat dijumpai pada Mesjid Marunda, Mesjid Agung Demak, Mesjid Agung Banten, dan Mesjid Agung Cirebon.
• SENI SASTRA
Sastra karya Hamzah Fanshuri merupakan contoh hasil akulturasi kebudayaan Islam dengan Budha, seperti terlihat dalam karyanya yang berjudul Syair Perahu yang mengibaratkan hidup manusia di dunia bagaikan mengarungi lautan, dan Syait Si Burung Pingai yang menggambarkan jiwa manusia sama seperti burung yang sama seperti dzat Tuhan

1. SAMUDRA PASAI
• Orang Gujarat, Persia dan Arab yang berdagang dan menetap di muara Sungai Perlak dan muara Sungai Pasai mendirikan sebuah kesultanan. Dinasti Fatimiah runtuh tahun 1268 dan digantikan oleh dinasti Mamaluk yang beraliran Syafi’i, mereka menumpas orang-orang Syiah di Mesir, begitupula di pantai Timur Sumatera.
• Utusan dinastri Mamaluk yang bernama Syekh Ismail mengangkat Marah Silu menjadi sultan di Pasai, dengan gelar Sultan Malikul Saleh. Marah Silu yang semula menganut aliran Syiah berubah menjadi aliran Syafi’i.
• Sultan Malikul Shaleh digantikan oleh putranya yang bernama Sultan Malikul Thahir, putra keduanya yang bernama Sultan Malikul Mansur memisahkan diri dan kembali menganut aliran Syiah.
• Saat Majapahit melakukan imperium ke seluruh Nusantara, kesultanan di Pasai tunduk dan berada di bawah kekuasaan Majapahit.
• Nama-nama sultan pengganti Sultan Malikul Saleh yang pernah berkuasa di Samudera Pasai adalah
1) Sultan Muhammad yang bergelar Sultan Malikul Tahir (1297-1363).
2) Sultan Ahmad yang bergelar Sultan Malik Az-Zahir (1326-1348).
3) Sultan Zainal Abidin (1348-1383)
• Sumber-sumber yang menyatakan keberadaan kesultanan di Pasai didapat dari catatan Ibnu Batuta saat ekspedisi dari India ke Cina tahun 1345 dan catatan Marcopolo dari Venesia tahun 1292.

2. KERAJAAN MALAKA
• Didirikan oleh Paramisora, pangeran Majapahit yang melarikan diri ke Tumasik setelah terjadi Perang Paregreg (1401-1406). Pelariannya ke Tumasik (Singapura) dilanjutkan ke Semenanjung Malaka.
• Paramisora membuat pelabuhan sebagai tempat singgah para pedagang dari luar negeri maupun dalam negeri.
• Paramisora mengganti agama lamanya dengan agama Islam dan berganti nama menjadi Sultan Iskandar Syah.
• Kesultanan berikutnya adalah Muhammad Iskandar Syah (1414-1424) yang menikah dengan putri dari Pasai.
• Sultan Mudzafat Syah menggantikan Muhammad Iskandar Syah melalui kudeta, selanjutnya kesultanan dilanjutkan Sultan Mansur Syah (1458-1477), Sultan Mahmud Syah (1488-1511).
• Tahun 1511 saat Kerajaan Malaka dipimpin Sultan Mahmud Syah, terjadi penyerbuan oleh bangsa Portugis yang dipimpin oleh Alfonso d’Alburquerque.
• Sultan Mahmud Syah melarikan diri ke Johor dan mendirikan kerajaan Johor
• Masalah perpajakan diurus seorang tumenggung yang menguasai wilayah tertentu, urusan perdagangan laut diurus oleh syahbandar dan urusan perkapalan diurus oleh laksamana.

3. KERAJAAN ACEH
• Kerajaan Aceh didirikan Sultan Ali Mughayat Syah pada tahun 1530
• Tahun 1564 Kerajaan Aceh di bawah pimpinan Sultan Alaudin al-Kahar (1537-1568).
• Pada masa kerajaan Aceh dipimpin oleh Alaudin Riayat Syah datang pasukan Belanda yang dipimpin oleh Cornelis de Houtman untuk meminta ijin berdagang di Aceh.
• Penggantinya adalah Sultan Ali Riayat dengan panggilan Sultan Muda, ia berkuasa dari tahun 1604-1607. Portugis melakukan penyerangan tapi usaha ini tidak berhasil.
• Setelah Sultan Muda digantikan oleh Sultan Iskandar Muda dari tahun 1607-1636, kerajaan Aceh mengalami kejayaan dalam perdagangan. Banyak terjadi penaklukan di wilayah yang berdekatan dengan Aceh seperti Deli (1612), Bintan (1614), Kampar, Pariaman, Minangkabau, Perak, Pahang dan Kedah (1615-1619).
• Gejala kemunduran Kerajaan Aceh muncul saat Sultan Iskandar Muda digantikan oleh Sultan Iskandar Thani (1637-1642). Pada masa ini terjadi pertikaian antara golongan bangsawan (Teuku) dengan golongan agama (Teungku), sedangkan golongan agama sendiri tidak pernah bersatu karena terdapat dua aliran yang berbeda, Syiah dan Sunni.

4. KERAJAAN DEMAK
• Kerajaan Demak didirikan oleh Raden Fatah. Yaitu keturunan Raja Brawijaya V yang menikah dengan putri Cina. Ketika Majapahit masih berkuasa walaupun dalam keadaan lemah, Raden Fatah diangkat menjadi bupati di Bintoro (Demak) dengan gelar Sultan Alam Akbar al Fatah. Tahun 1500 Demak menyerang Majapahit dan memindahkan pusat pemerintahan di Demak.
• Setelah Raden Fatah wafat, Demak diserahkan kepada Cu-cu atau Sumangsang, Selanjutnya Demak diperintah oleh Dipati Unus dari tahun 1507.
• Tahun 1513 Demak memimpin pasukan yang dipimpin oleh Dipati Unus melakukan usaha merebut Selat Malaka dari Portugis. Karena kejadian itu, Dipati Unus dikenal dengan panggilan Pangeran Sabrang Lor atau Pangeran yang menyeberang ke Utara.
• Sultan Trenggana menggantikan saudaranya Dipati Unus dari tahun 1521-1546. Sultan Trenggana memperluas wilayah kekuasaan Demak ke Madiun (1529), Blora (1530), Surabaya (1531), Pasuruan (1535), Lamongan, Blitar, Wirasaba (1535), Kediri (1539), dan Blambangan (1546). Usaha Demak memperluas wilayah dilanjutkan ke Banten, Cirebon dan Jayakarta pada tahun 1525 dibawah pimpinan Fatahillah.
• Wafatnya Sultan Trenggana saat penaklukan Blambangan menimbulkan konflik keluarga yang ingin menguasai tahta kerajaan Demak. Adiknya yang bernama Pangeran Seda ing Lepen menjadi raja Demak, namun tidak berlangsung lama dan digantikan oleh Pangeran Prawata putra Sultan Trenggana. Namun Arya Penangsang putra Pangeran Seda ing Lepen sama-sama menginginkan tahta kerajaan Demak.

5. KERAJAAN BANTEN
• Untuk mengurangi pengaruh Portugis di Nusantara, Fatahillah membuat kerajaan Banten sebagai kerajaan bawahan Demak. Fatahillah melanjutkan penaklukannya ke Cirebon, dan kekuasaan Banten diserahkan kepada puteranya yang bernama Hasannudin.
• Pada tahun 1522 Banten memutuskan untuk melepaskan diri. Dengan demikian, Hasanuddin adalah pendiri dan peletak cikal-bakal kerajaan Banten. Hasanuddin dinikahkan dengan putri Sultran Trenggono
• Hasanuddin memiliki dua putera yaitu Maulana Yusuf dan Pangeran Jepara. Pangeran Jepara menikah dengan putri penguasa Jepara, Ratu Kali Nyamat dan menjadi pengganti penguasa Jepara.
• Pada tahun 1570 Banten diperintah Maulana Yusuf. Ia melakukan penaklukan ke kerajaan Pajajaran yang masih beragama Hindu.
• Setelah Maulana Yusuf wafat tahun 1580, kekuasaan diberikan kepada Maulana Muhammad. Proses peralihan kekuasaan ini mendapat tentangan dari Pangeran Jepara. Usaha Pangeran Jepara untuk menguasai Banten dilakukan dengan penyerangan, namun gagal karena Maulana Yusuf dibantu oleh para ulama.
• Tahun 1651-1682, Banten mengalami kejayaan saat diperitah oleh Sultan Ageng Tirtayasa. Ia sangat keras terhadap Belanda. Anehnya, Sultan Haji (putra Sultan Ageng Tirtayasa) tidak menyetujui dan malah bersekutu dengan Belanda.

6. KERAJAAN MATARAM
• Jaka Tingkir menantu Pangeran Trenggono memindahkan pusat pemerintahan dari Demak ke Pajang, dan kemudian mendirikan kerajaan Pajang dan menjadi raja pertama di Pajang dengan gelar Hadiwijaya.
• Jaka Tingkir melakukan penaklukan terhadap kerajaan-kerajaan kecil di Jawa Timur. Ia memberikan hadiah kepada dua orang yang telah berjasa selama penaklukan, mereka adalah Ki Ageng Pamanahan yang ditempatkan di Mataram dan Ki Ageng Panjawi yang ditempatkan di Panjawi.
• Pada tahun 1578 didirikan keraton oleh Pamanahan di Plered sebagai ibukota wilayah Mataram. Setelah Pamanahan, kekuasaan wilayah dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Senapati. Kelak, Senapati yang menjadi peletak cikal-bakal kerajaan Mataram.
• Pada tahun 1613-1645, Sultan Agung membawa Kerajaan Mataram ke dalam masa kejayaan.
• Amangkurat I putera dari Sultan Agung melakukan kerjasama dengan Belanda untuk dapat mengatasi pemberontakan-pemberontakan di daerah. Belanda berkeinginan untuk menguasai tanah Jawa yang subur dengan memecah Mataram menjadi beberapa kerajaan kecil dan memaksa untuk dilakukan Perjanjian Giyanti (1755). Isi dari Perjanjian Giyanti adalah membagi kerajaan Mataram menjadi dua wilayah kekuasaan, yaitu Kesultanan Yogyakarta dengan Mangkubumi sebagai raja dengan gelar Sultan Hamengkubuwono I, dan Kasunanan Surakarta dengan raja Susuhunan Pakubuwono III.
• Tahun 1813, oleh Belanda wilayah Mataram dibagi menjadi 4 bagian yaitu Yogyakarta, Surakarta, Pakualaman dan Mangkunegaran.

7. KERAJAAN GOA TALLO
• Goa dan Tallo merupakan kerajaan kembar, pada tahun 1603 Goa menjadi kerajaan Islam Daeng Manrabia masuk Islam dan bergelar Alauddin, Tallo menjadi kerajaan Islam saat Kraeng Matoaya masuk Islam dan bergelar Sultan Abdullah. Wilayahnya meliputi sebagian besar Sulawesi dan bagian timur Nusa Tenggara.
• Setelah Alaudin meninggal, tahta diserahkan kepada Hasanuddin (1654-1660). Usaha ayahnya menentang Belanda dilanjutkan, bahkan kegigihannya sangat merepotkan. Oleh karena itu Hasanuddin dikenal dengan “ayam jantan dari timur”. Penguasa Makassar selanjutnya adalah Mapasomba, putra Hasanuddin.
• Bone merupakan wilayah kekuasaan Makassar yang dipimpin oleh Aru Palaka menawarkan kerjasama untuk membantu Belanda. Tahun 1667, Belanda dapat menghancurkan Makassar dan memaksa dilakukan Perjanjian Bongaya, yang isinya antara lain
1) Pengakuan hak monopoli Belanda.
2) Belanda dapat mendirikan benteng-benteng pertahanan di Makassar.
3) Makassar melepaskan daerah-daerah kekuasaan.
4) Aru Palaka diakui sebagai Raja Bone

8. KERAJAAN TERNATE DAN TIDORE
• Di pulau Maluku terdapat empat kerajaan besar, yaitu Jailolo, Bacan, Ternate dan Tidore. Ternate dan Tidore merupakan kerajaan besar yang menguasai persaingan perdagangan dibandingkan dengan lainnya. Dalam persaingannya Ternate membentuk Uli lima (persekutuan lima) yang terdiri dari Bacan, Obi, Seram dan Ambon, sedangkan Tidore membentuk Uli siwa (persekutuan sembilan) yang terdiri dari Jailolo, Makian, dan pulau-pulau kecil di Maluku sampai Irian.
• Portugis bersekutu dengan Ternate dan Spanyol bersekutu dengan Tidore. Dengan perjanjian Saragosa Spanyol menguasai Filipina dan Portugis menguasai Maluku.
• Sultan Tabariji dari Ternate ditangkap tanpa alasan jelas dan dibuang ke Goa. Melihat kejadian tersebut Sultan Hairun sebagai penguasa kerajaan Ternate secara terang-terangan menentang hak monopoli Portugis di Maluku, dengan tipu muslihat Sultan Hairun dibunuh oleh bangsanya sendiri.
• Tahun 1570 Sultan Baabulah berhasil mengusir Portugis dari tanah Ternate. Akhirnya Portugis keluar dari Maluku dan tinggal di daerah Timor Timur.