KISI-KISI
UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
TAHUN PELAJARAN 2010/2011
by sariono sby
posted, http://referensiagama.blogspot.com
No. | Standar Kompetensi Lulusan | Kompetensi Yang Diuji | Indikator Soal |
1. | Menerapkan tatacara membaca Al Qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al Syamsiyah dan Al Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad waqaf. | Menerapkan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah pada ayat Al Qur’an. | Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung bacaan “Al”, peserta didik dapat mengklasifikasi-kan contoh bacaan “Al”. |
| | Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat Al Qur’an. | Ditunjukkan ayat Al Qur’an yang mengandung nun sukun/tanwin, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum nun sukun/tanwin. |
| | | Ditampilkan penggalan ayat Al-Qur’an yang meng-andung mim mati, peserta didik dapat memilih hukum bacaan mim mati. |
| | Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat Al Qur’an. | Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung qalqalah, peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan qalqalah. |
| | | Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung “ra”, peserta didik dapat memilih contoh hukum bacaan “Ra”. |
| | Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat Al Qur’an. | Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an yang meng-andung mad, peserta didik dapat menentukan jenis hukum bacaan mad. |
| | | Disajikan satu penggalan ayat Al Qur’an yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menunjukkan makna tanda waqaf tersebut |
| | Membaca dan menjelaskan makna QS. At-Tin. | Ditampilkan ayat dari QS At-Tin secara acak, peserta didik dapat menyusun ayat dengan benar. |
| | | Ditampilkan salah satu ayat QS At-Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat dengan benar. |
| | Membaca dan menjelaskan makna QS. Al-Insyirah. | Ditampilkan salah satu ayat QS Al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan arti ayat tersebut. |
2. | Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna. | Mengimplementasikan iman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari. | Ditampilkan salah satu ayat Al Qur’an tentang sifat Allah, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah yang terdapat pada ayat tersebut. |
| | | Ditampilkan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat memilih sifat wajib bagi Allah yang sesuai dengan perilaku tersebut. |
| | Mengimplementasikan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari. | Peserta didik dapat memilih contoh perilaku yang mencerminkan salah satu asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari. |
| | Mengimplementasikan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari. | Disajikan ayat Al Qur’an tentang tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai dengan ayat tersebut. |
| | Mengimplementasikan iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari. | Ditampilkan beberapa contoh tentang sikap terhadap kitab-kitab Allah, peserta didik dapat menentukan cara beriman kepada kitab-kitab Allah. |
| | | Ditampilkan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku mencintai Al Qur’an. |
| | Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari. | Disajikan nama-nama nabi dan rasul, peserta didik mampu mengklasifikasikan rasul-rasul ulul azmi. |
| | | Dipaparkan secara singkat kisah nabi Muhamad Saw, peserta didik dapat menentukan sifat wajib rasul dalam kisah tersebut. |
| | Menerapkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari. | Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda kiamat. |
| | Mencontohkan cara beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari. | Dipaparkan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh takdir secara tepat. |
3. | Menjelaskan dan membiasa-kan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari peri-laku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah. | Menerapkan perilaku terpuji (Tawadu, taat, qana’ah, sabar) dalam kehidupan sehari-hari. | Dideskripsikan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku qana’ah. |
| | | Disajikan wacana tentang musibah, peserta didik dapat menunjukkan sikap empati dalam menghadapi musibah. |
| | Menerapkan perilaku terpuji (Kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari. | Disajikan contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku ulet. |
| | Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari. | Dipaparkan ilustrasi perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali perilaku zuhud. |
| | Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari. | Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menyeleksi cara menghindari perilaku ananiah. |
| | Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari. | Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan standing party pada sebuah acara, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum dalam Islam. |
| | | Peserta didik dapat menentukan kriteria makanan yang halal dan thayib. |
| | Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari. | Peserta didik dapat menentukan secara tepat contoh perilaku tasamuh. |
| | Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari. | Disajikan beberapa contoh kasus perilaku, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku takabur. |
| | Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari. | Peserta didik dapat menunjukkan akibat buruk perilaku dendam. |
| | | Ditampilkan contoh sikap munafik, peserta didik mampu menunjukkan akibat dari prilaku munafik. |
4. | Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat. | Membedakan cara mensucikan hadas dan najis. | Ditampilkan kasus seseorang yang terkena najis, peserta didik dapat menunjukkan cara menyucikan bagian yang terkena najis secara benar. |
| | Mengklasifikasi sebab-sebab mandi wajib. | Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik dapat menentukan secara tepat penyebab mandi wajib. |
| | Menerapkan ketentuan–ketentuan shalat wajib. | Ditampilkan gambar salah satu gerakan shalat, peserta didik dapat menunjukkan bacaan shalat sesuai gambar. |
| | | Ditampilkan beberapa contoh perbuatan dalam shalat, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang membatalkan shalat. |
| | Mempraktikkan shalat jamaah dan munfarid. | Disajikan ilustrasi tentang shalat berjamaah, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan shalat berjama’ah yang benar. |
| | Menerapkan shalat jama’ dan qashar. | Dideskripsikan kasus tentang seseorang yang sedang dalam perjalanan, peserta didik dapat menentukan cara mengerjakan shalat jamak/qashar. |
| | Menerapkan ketentuan shalat sunnat rawatib. | Ditampilkan tabel tentang nama shalat fardhu dan jumlah rakaat shalat rawatib, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat antara shalat wajib dan shalat sunat rawatib. |
| | Menyebutkan contoh shalat sunnah berjamaah dan munfarid. | Ditampilkan daftar nama-nama shalat sunnah, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah. |
| | | Disajikan wacana tentang situasi yang sedang dihadapi seseorang/kelompok, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang sesuai. |
| | Menjelaskan ketentuan puasa sunnah. | Disajikan ketentuan tentang puasa sunah, peserta didik mampu menunjukkan hikmah puasa sesuai. |
| | Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal. | Disajikan wacana tentang harta yang wajib dibayarkan zakatnya, peserta didik mampu menghitung kadar zakat mal. |
| | Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah. | Ditampilkan tabel tentang ketentuan haji, peserta didik dapat menentukan rukun haji. |
5. | Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara. | Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa. | Ditampilkan kisah yang terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw, peserta didik dapat menunjukkan sifat Rasulullah dalam kaitannya dengan misi beliau untuk semua manusia dan bangsa. |
| | Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah. | Melalui wacana tentang perjuangan Rasulullah Saw. dan para shahabat dalam menghadapi kaum kafir Quraisy, peserta didik dapat menyimpulkan sifat keteladanan Rasulullah Saw. dan para sahabat dalam wacana tersebut. |
| | Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah. | Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah perjuangan Rasulullah Saw. dalam membangun kota Madinah. |
| | Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam. | Disajikan beberapa hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan Muslim yang turut berperan dalam mengembangkannya pada masa Abbasiyah. |
| | Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. | Disajikan cerita sejarah perjuangan kerajaan Islam di Nusantara dalam menghadapi penjajah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hikmah perjuangan yang terkandung di dalamnya. |
| | | Ditampilkan peta salah satu wilayah di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan kerajaan Islam yang ada di peta tersebut. |
| | Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam. | Disajikan ilustrasi tentang seni budaya yang ada di nusantara peserta didik dapat mengidentifikasi seni budaya lokal yang mengalami akulturasi dengan tradisi Islam. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar