Rabu, 09 Maret 2011

kISI-KISI USBN PAI SMP 2010-2011

KISI-KISI

UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL (USBN)

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)

TAHUN PELAJARAN 2010/2011


by sariono sby

posted, http://referensiagama.blogspot.com

No.

Standar Kompetensi Lulusan

Kompetensi Yang Diuji

Indikator Soal

1.

Menerapkan tatacara membaca Al Qur’an menurut tajwid, mulai dari cara membaca Al Syamsiyah dan Al Qomariyah sampai kepada menerapkan hukum bacaan mad waqaf.

Menerapkan hukum bacaan Al Syamsiyah dan Al Qamariyah pada ayat Al Qur’an.

Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung bacaan “Al”, peserta didik dapat mengklasifikasi-kan contoh bacaan “Al”.

Menerapkan hukum bacaan nun mati/tanwin dan mim mati pada ayat Al Qur’an.

Ditunjukkan ayat Al Qur’an yang mengandung nun sukun/tanwin, peserta didik dapat mengidentifikasi hukum nun sukun/tanwin.

Ditampilkan penggalan ayat Al-Qur’an yang meng-andung mim mati, peserta didik dapat memilih hukum bacaan mim mati.

Menerapkan hukum bacaan qalqalah dan ra pada ayat Al Qur’an.

Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung qalqalah, peserta didik dapat menunjukkan hukum bacaan qalqalah.

Ditampilkan ayat Al Qur’an yang mengandung “ra”, peserta didik dapat memilih contoh hukum bacaan “Ra”.

Menerapkan hukum bacaan mad dan waqaf pada ayat Al Qur’an.

Disajikan beberapa penggalan ayat Al Qur’an yang meng-andung mad, peserta didik dapat menentukan jenis hukum bacaan mad.

Disajikan satu penggalan ayat Al Qur’an yang mengandung tanda waqaf, peserta didik dapat menunjukkan makna tanda waqaf tersebut

Membaca dan menjelaskan makna QS. At-Tin.

Ditampilkan ayat dari QS At-Tin secara acak, peserta didik dapat menyusun ayat dengan benar.

Ditampilkan salah satu ayat QS At-Tin, peserta didik dapat menyimpulkan isi kandungan ayat dengan benar.

Membaca dan menjelaskan makna QS. Al-Insyirah.

Ditampilkan salah satu ayat QS Al-Insyirah, peserta didik dapat menunjukkan arti ayat tersebut.

2.

Meningkatkan pengenalan dan keyakinan terhadap aspek-aspek rukun iman mulai dari iman kepada Allah sampai kepada iman pada Qadha dan Qadar serta Asmaul Husna.

Mengimplementasikan iman kepada Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Ditampilkan salah satu ayat Al Qur’an tentang sifat Allah, peserta didik dapat menentukan sifat wajib Allah yang terdapat pada ayat tersebut.

Ditampilkan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat memilih sifat wajib bagi Allah yang sesuai dengan perilaku tersebut.

Mengimplementasikan Asmaul Husna dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat memilih contoh perilaku yang mencerminkan salah satu asmaul husna dalam kehidupan sehari-hari.

Mengimplementasikan iman kepada malaikat dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan ayat Al Qur’an tentang tugas malaikat, peserta didik dapat menentukan sikap yang sesuai dengan ayat tersebut.

Mengimplementasikan iman kepada kitab-kitab Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Ditampilkan beberapa contoh tentang sikap terhadap kitab-kitab Allah, peserta didik dapat menentukan cara beriman kepada kitab-kitab Allah.

Ditampilkan beberapa contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku mencintai Al Qur’an.

Menerapkan iman kepada rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan nama-nama nabi dan rasul, peserta didik mampu mengklasifikasikan rasul-rasul ulul azmi.

Dipaparkan secara singkat kisah nabi Muhamad Saw, peserta didik dapat menentukan sifat wajib rasul dalam kisah tersebut.

Menerapkan iman kepada hari akhir dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat mengidentifikasi tanda-tanda kiamat.

Mencontohkan cara beriman kepada qada dan qadar dalam kehidupan sehari-hari.

Dipaparkan ilustrasi peristiwa sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh takdir secara tepat.

3.

Menjelaskan dan membiasa-kan perilaku terpuji seperti qanaah dan tasamuh dan menjauhkan diri dari peri-laku tercela seperti ananiah, hasad, ghadab dan namimah.

Menerapkan perilaku terpuji (Tawadu, taat, qana’ah, sabar) dalam kehidupan sehari-hari.

Dideskripsikan cerita tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menunjukkan contoh perilaku qana’ah.

Disajikan wacana tentang musibah, peserta didik dapat menunjukkan sikap empati dalam menghadapi musibah.

Menerapkan perilaku terpuji (Kerja keras, ulet, tekun dan teliti) dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan contoh perilaku sehari-hari, peserta didik dapat mengenali contoh perilaku ulet.

Menerapkan perilaku terpuji (zuhud dan tawakal) dalam kehidupan sehari-hari.

Dipaparkan ilustrasi perilaku dalam kehidupan sehari-hari, peserta didik dapat mengenali perilaku zuhud.

Mengklasifikasikan dan menghindari perilaku tercela (ananiah, ghadab, hasad, ghibah dan namimah) dalam kehidupan sehari-hari.

Ditampilkan ilustrasi tentang perilaku sehari-hari, peserta didik dapat menyeleksi cara menghindari perilaku ananiah.

Menerapkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan ilustrasi tentang pelaksanaan standing party pada sebuah acara, peserta didik dapat menentukan sikap yang benar berkenaan dengan adab makan dan minum dalam Islam.

Peserta didik dapat menentukan kriteria makanan yang halal dan thayib.

Menampilkan contoh perilaku qana'ah dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat menentukan secara tepat contoh perilaku tasamuh.

Menghindari perilaku tercela (takabur) dalam kehidupan sehari-hari.

Disajikan beberapa contoh kasus perilaku, peserta didik dapat menentukan cara menghindari perilaku takabur.

Mengklasifikasi akibat perilaku tercela (dendam dan munafik) dalam kehidupan sehari-hari.

Peserta didik dapat menunjukkan akibat buruk perilaku dendam.

Ditampilkan contoh sikap munafik, peserta didik mampu menunjukkan akibat dari prilaku munafik.

4.

Menjelaskan tata cara mandi wajib dan shalat-shalat munfarid dan jamaah baik shalat wajib maupun shalat sunat.

Membedakan cara mensucikan hadas dan najis.

Ditampilkan kasus seseorang yang terkena najis, peserta didik dapat menunjukkan cara menyucikan bagian yang terkena najis secara benar.

Mengklasifikasi sebab-sebab mandi wajib.

Disajikan tabel tentang hal-hal yang menyebabkan hadas, peserta didik dapat menentukan secara tepat penyebab mandi wajib.

Menerapkan ketentuan–ketentuan shalat wajib.

Ditampilkan gambar salah satu gerakan shalat, peserta didik dapat menunjukkan bacaan shalat sesuai gambar.

Ditampilkan beberapa contoh perbuatan dalam shalat, peserta didik dapat mengklasifikasikan perilaku yang membatalkan shalat.

Mempraktikkan shalat jamaah dan munfarid.

Disajikan ilustrasi tentang shalat berjamaah, peserta didik dapat menunjukkan ketentuan shalat berjama’ah yang benar.

Menerapkan shalat jama’ dan qashar.

Dideskripsikan kasus tentang seseorang yang sedang dalam perjalanan, peserta didik dapat menentukan cara mengerjakan shalat jamak/qashar.

Menerapkan ketentuan shalat sunnat rawatib.

Ditampilkan tabel tentang nama shalat fardhu dan jumlah rakaat shalat rawatib, peserta didik dapat menentukan pasangan yang tepat antara shalat wajib dan shalat sunat rawatib.

Menyebutkan contoh shalat sunnah berjamaah dan munfarid.

Ditampilkan daftar nama-nama shalat sunnah, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang dikerjakan secara berjamaah.

Disajikan wacana tentang situasi yang sedang dihadapi seseorang/kelompok, peserta didik dapat menentukan shalat sunnah yang sesuai.

Menjelaskan ketentuan puasa sunnah.

Disajikan ketentuan tentang puasa sunah, peserta didik mampu menunjukkan hikmah puasa sesuai.

Mempraktikkan pelaksanaan zakat fitrah dan zakat mal.

Disajikan wacana tentang harta yang wajib dibayarkan zakatnya, peserta didik mampu menghitung kadar zakat mal.

Menjelaskan pengertian dan ketentuan haji dan umrah.

Ditampilkan tabel tentang ketentuan haji, peserta didik dapat menentukan rukun haji.

5.

Memahami dan meneladani sejarah Nabi Muhammad dan para shahabat serta menceritakan sejarah masuk dan berkembangnya Islam di Nusantara.

Menjelaskan misi Nabi Muhammad Saw. untuk semua manusia dan bangsa.

Ditampilkan kisah yang terjadi pada masa Nabi Muhammad Saw, peserta didik dapat menunjukkan sifat Rasulullah dalam kaitannya dengan misi beliau untuk semua manusia dan bangsa.

Meneladani perjuangan Nabi dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Makkah.

Melalui wacana tentang perjuangan Rasulullah Saw. dan para shahabat dalam menghadapi kaum kafir Quraisy, peserta didik dapat menyimpulkan sifat keteladanan Rasulullah Saw. dan para sahabat dalam wacana tersebut.

Meneladani perjuangan Nabi Muhammad Saw. dan para sahabat di Madinah.

Peserta didik dapat menjelaskan langkah-langkah perjuangan Rasulullah Saw. dalam membangun kota Madinah.

Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah beserta peran ilmuwan Islam.

Disajikan beberapa hasil pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi masa kini, peserta didik dapat menunjukkan ilmuwan Muslim yang turut berperan dalam mengembangkannya pada masa Abbasiyah.

Menceritakan sejarah beberapa kerajaan Islam di Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

Disajikan cerita sejarah perjuangan kerajaan Islam di Nusantara dalam menghadapi penjajah, peserta didik dapat mengklasifikasikan hikmah perjuangan yang terkandung di dalamnya.

Ditampilkan peta salah satu wilayah di Indonesia, peserta didik dapat menunjukkan kerajaan Islam yang ada di peta tersebut.

Menceritakan seni budaya lokal sebagai bagian dari tradisi Islam.

Disajikan ilustrasi tentang seni budaya yang ada di nusantara peserta didik dapat mengidentifikasi seni budaya lokal yang mengalami akulturasi dengan tradisi Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar