Kamis, 27 Mei 2010

BIDANG AKHLAK

3.Bidang ilmu akhlak
Diantara cendekiawan muslim yang mengembangkan ilmu akhlak adalah :
a. Imam Al Ghozali.
Imam ghozali dilahirkan di Tus, sebuah kotakecil di Iran. Nama lengkapnya adalah Abu Hamid Muhammad Ibnu Muhammad At Tusi Asy Syafi'i Al Ghozali.
Pada masa mudanya Imam ghozali sudah menguasai ilmu Al Qur'an, Al Hadits, ilmu fiqyh, ilmu tauhid, filsafat, matematika dan juga fisika. Namun ketika Usia tua beliau menekuni ilmu tasawuf.
Karya-karya Iman Ghozali banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa oleh para ilmuwan barat, di antaranya sebagai berikut :
1.Tahafutul falasifah (kekacauan pemikiran para filosuf), berisi kritikan keras Imam ghozali terhadap pemikiran yang didasarkan pada filsafat Yunani dengan menggunakan fisafat juga. Karenanya Imam Ghozali dijuluki Hujjatul Islam (pembela Islam).
2. Al Munqiz Minal Dhalal
3. Ihya Ulumddin (menghidupkan kembali ilmu-ilmu agama) yang berisi tauhid, syari'at dan akhlak. Di Indonesiapun kitab ini menjadi kajian yang wajib di pesantren-pesantren.
4. Nasehatul Muluk (Nasehat raja-raja) kitab yang berbahasa Persia.

b. Ibnu Maskawaih
Beliau lahir di perkirakan tahun 330 H/941 M di Iran. Maskawaih wafat pada pada usia 91 tahun. Lengkapnya bernama Abu Ali Ahmad bin Muhammad bin Yakub bin Maskawaih
Ia seorang filosuf dan sejarahwan terkenal yang berpaling dari agama magi ( penyembah bintang) kemudian menganut agama Islam. Ibnu Maskawaih seorang yang penulis yang produktif, sehingga mampu membuat atau menyusun puluhan judul buku dari berbagai bidang ilmu.
Dalam bidang akhlak Ibnu Maskawaih memiliki tiga karya besar, yaitu :
1). Tahdibul Akhlaq (pembinaan akhlak)
2). Jawidah Khirad (Hikmah yang tidak lekang oleh waktu)
3). Tartibus Sa'adah (Kaidah kebahagiaan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar