Kamis, 27 Mei 2010

sejarah perkembangan Islam

4. Sejarah/sosiologi.
a. Abu Abdillah Al Qazwaini.
Abu Abdillah Al khazwaini dilahirkan pada abad ketujuh Hijriyah. Beliau terkenal sebagai ulama dan tokoh ilmu sejarah. Kitab yang dikarang Abu Abdillah Al Qazwaini. merupakan kitab yang terbaik pada masanya dengan judul, “asarul Bilad wa Akharul 'Ibad. Beliau meneliti sesuai dengan judul kitabnya, yaitu tabiat negara atau daerah dan apa yang terkenal, disamping menyelidiki keadaan penduduk dan kehidupannya. Abu Abdillah Al Qazwaini juga mendahului ilmu modern dalam rincian ilmiah pada kitabnya itu.
b. Abu ar raihan Al Bairuni (364-439 M).
Abu ar raihan Al Bairuni dilahirkan pada tahun 364 dan hidup selama 75 tahun. Kitab yang telah disusun oleh Abu ar raihan Al Bairuniadalah
1). Al Atsar Al Baqi'ah yang merupakan kitab pertama di dunia. Kitab tersebut meneliti tentang :
a) sejarah
b). Perbedaan bulan, tahun
c). Penanggalan
d). Sebab dan cara mengisbatkannya.
2). Kitab Tahqiqu ma Lil Hindi min Ma'qulah Maqbulatun Fii Aqli Au Marzulah. Yaitu kitab yang merupakan studi tentang India secara lengkap. Di dalam kitab tersebut dijelaskan tentang :
a). sifat-sifat alamnya
b). Tanan dan cuaca
c). adat penduduk dan pertumbuhannya
d). Asal usul penduduk


5. Bidang biologi.
Tokoh ilmu pengetahuan di bidang biologi adalah:
a. As Simay
As Simay adalah salah seorang ahli di bidang biologi. Salah satu buku hasil karya beliau adalah Kitabun nabati Wasy Syjjar. Buku ini mengupas tentang masalah tumbuh-tumbuhan dan pepohonan.
b. Ibnul Awwan
Ibnul Awwan adalah salah seorang ahli di bidang biologi. Salah satu buku hasil karya beliau adalah Kitab Al Fallah. Buku ini mengupas tentang masalah pertanian.
c. Al Jahiz
Al Jahiz adalah salah seorang ahli di bidang biologi. Salah satu buku hasil karya beliau adalah Al Hayyawan. Buku ini mengupas tentang masalah binatang.

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus