KHILAFAH:
DALAM PEMIKIRAN POLITIK SUNNIby Sariono Sby
PENDAHULUAN
Salah satu isu yang kontroversial dalam sejarah pemikiran politik Islam adalah mengenai teori khila
<><, al Ghaza<, Ibnu Taimiyah dan Ibnu Khaldu< khila=""><’at untuk kemaslahatan dunia dan akhirat karena menurut Shari’ hal ihwal dunia seluruhnya dipandang sebagai jalan menuju kemaslahatan akhirat. Oleh karena itu, khila<’at yang bertugas memelihara agama dan mengurus dunia. Dalam wacana fiqh siya<’ah, sedangkan istilah khila<. Hanya saja terdapat perbedaan mendasar antara kedua aliran ini dalam memahami istilah ima<’ah memandang bahwa ima< untuk="" pembahasan="" tentang="" khila=""><. Sebagaimana penjelasannya bahwa ima< sebagai="" istilah="" bakunya="" untuk="" menyebut="" sistem="" secara="" umum="" tugas="" dan="" fungsi="" ima=""><’at dan terciptanya masharakat yang adil. Dalam konteks ini jelas bahwa lembaga kekhali<’at juga merupakan lembaga atau organisasi sosial dalam rangka mengatur masharakat. Ketika tugas khali< secara="" sederhana="" dapat="" dibagi="" ke="" klasik="" 1258="" pertengahan="" berakhir="" pada="" abad="" 19="" m="" dan="" periode="" modern="" yang="" berlangsung="" hingga="" dalam="" makalah="" ini="" penulis="" hanya="" membahas="" teori="" beberapa="" tokoh="" politik="" sunni=""><><, al Ghaza<, Ibnu Taimiyah dan Ibnu Khaldu<>< yang="" menjadi="" pejabat="" tinggi="" dalam="" pemerintahan="" abba="">< pada="" masa="" al="" qadir="" yang="" nota="" bene="" sunni=""><, tetapi otoritas khali<’ah yang fanatik. Dalam situasi di mana khali<>< khali=""><‘at dan bukan berdasarkan pada akal, sebab ima<’at menghendaki bahwa segala persoalan itu harus diserahkan kepada pihak yang berwenang dalam agama. Alla< dapat="" digeser="" kedudukannya="" sebagai="" kepala="" negara="" jika="" ternyata="" sudah="" menyimpang="" dari="" keadilan="" dan="" cacat="" al="" ma="">< yang="" sudah="" tidak="" layak="" memimpin="" negara="" atau="" umat="" dan="" pemberhentian="" itu="" harus="" dilakukan="" oleh="" al="" ghaza="">< al="" u="">< 450="" h="" dan="" wafat="" pada="" tahun="" 505="" ia="" mendapatkan="" pendidikan="" awalnya="" di="" u="">< al="" juwaini=""><, ia juga belajar kepada sejumlah ulama’ lain. Al Ghaza< namun="" kekuasaan="" dinasti="" abba=""><><, negara lahir karena kebutuhan tersebut. Lebih lanjut, al Ghaza<><, dunia adalah ladang mengumpulkan perbekalan kehidupan di akhirat dan bukan tempat tinggal tetap dan terakhir. Berangkat dari dasar pemikiran ini, maka menurut al Ghaza<>< sedang="" berkuasa="" menunjuk="" putera="" mahkota="" wilayat="" puteranya="" atau="" quraish="" pengangkatan="" dari="" pemegang="" kekuasaan="" diperkuat="" dengan="" at="" orang="" yang="" dalam="" hal="" sumber="" al="" ghaza="">< para="" dan="" surat="" ali="" imran="" ayat="" 26="" menegaskan="" bahwa="" allah="" memberikan="" kerajaan="" kapada="" yang="" dia="" untuk="" kata="" al="" ghaza="">< halim="" ibn="" abd="" al="" sala="">nah (dapat dipercaya). Kedua sharat ini berlaku pula untuk pengangkatan para pejabat negara.
Para ulama’ berpendapat bahwa Q.S. Al Nisa<‘ ayat 58 diturunkan untuk para wali al amr (pemimpin pemerintahan). Dan wali al amr inilah yang harus memberikan amanat kepada ahlinya (yang mampu mengembannya). Dan apabila menetapkan hukum diantara manusia hendaklah secara adil. Sedangkan ayat selanjutnya ditujukan untuk rakyat agar mereka taat kepada ulil amri yang menjadi pemimpin mereka dalam hal pembagian (hak waris, dan sejenisnya), hukum, peperangan dan sebagainya. Ibnu Taimiyah mengakui bahwa sedikit sekali manusia yang memenuhi dua kriteria ini sekaligus. Oleh karena itu, dalam konteks peperangan ia menekakankan sharat al quwwah yang lebih utama. Sebab bila seorang pemimpin kuat namun fa<, dilahirkan di Tunisia pada tahun 732 H / 1332 M dan wafat pada tahun 808 H / 1406 M di Mesir. Keluarga Ibnu Khaldu<‘ah sab’ah. Namun demikian’ ia menunjukkan keseimbangan yang memadai antara ilmu Tafsi<‘i<><) menjadi satu keharusan bagi manusia. Tanpa organisasi itu eksistensi manusia tidak akan sempurna. Keinginan Alla<’ ayat 59. Ada beberapa persharatan yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang ima< maka="" penulis="" dapat="" menyebutkan="" tiga="" karakteristik="" pemikiran="" pro="" status="" quo="" secara="" umum="" teori="" politik="" kenegaraan="" sunni="">< pemikiran="" mereka="" cenderung="" mempertahankan="" kekuasaan="" khali="">< surat="" al="" nisa=""><’ ayat 59. Hal ini dilatarbelakangi oleh situasi politik yang ada pada saat itu, sehingga dukungan politik kepada penguasa pada waktu itu adalah dalam rangka mempertahankan keutuhan umat Islam dengan cara mempertahankan supremasi institusi khali<><, al Ghaza< sedangkan="" ibnu="" taimiyah="" tidak="" mensharatkan="" hal="" dasar="" yang="" digunakan="" adalah="" hadith="" nabi="" pemimpin="" itu="" berasal="" dari="" quraish="" pemilihan="" khali=""><><. Ia berpendapat bahwa kepala negara diangkat oleh ahl al hal wa al aqd atau ahl al ikhtia< merupakan="" tugas="" dan="" tanggung="" jawab="" ahl="" hal="" wa="" al="" tokoh="" lain="" yang="" membahas="" konsep="" shu="">< (mushawarah) dalam teori politiknya adalah Ibnu Taimiyah. Ia mengutip surat A< menurut="" golongan="" sunni=""><, maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: 1. Istilah khali< adalah="" orang="" berkecimpung="" dalam="" sistem="" pemerintahan="" sehingga="" teori="" mereka="" tidak="" dapat="" dilepaskan="" dari="" realitas="" yang="" tipologi="" pemikiran="" politik="" sunni=""><: a. Pro status quo b. Khali<, al Ghaza< sepakat="" menetapkan="" bahwa="" salah="" satu="" sharat="" untuk="" menjadi="" khali="">http://referensiagama.blogspot.com/januari/2011
Tidak ada komentar:
Posting Komentar