Jumat, 28 Januari 2011

RABI’AH AL - ADAWIYAH DAN AJARAN TASAWUFNYA


RABI’AH AL - ADAWIYAH DAN AJARAN TASAWUFNYA




PENDAHULUAN

Rabi’ah Al-Adawiyah dalam perkembangan mistisme dalam Islam tercatat sebagai peletak dasar tasawuf berdasarkan cinta kepada Allah SWT. Hal ini karena generasi sebelumnya merintis aliran asketisme dalam Islam berdasarkan rasa takut dan pengharapan kepada Allah SWT. Rabi’ah pula yang pertama-tama mengajukan pengertian rasa tulus ikhlas dengan cinta yang berdasarkan permintaan ganti dari Allah SWT. Sikap dan pandangan Rabi’ah Al-Adawiyah tentang cinta dapat dipahami dari kata-katanya, baik yang langsung maupun yang disandarkan kepadanya. Al-Qusyairi meriwayatkan bahwa ketika bermunajat. Rabi’ah menyatakan do’anya, “Tuhanku, akankah Kau bakar kalbu yang mencinntai-Mu oleh api neraka? “ Tiba-tiba terdengar suara, “Kami tidak akan melakukan itu. Janganlah engkau berburuk sangka kepada Kami.” Diantara sya’ir cinta Rabi’ah yang paling masyhur adalah:
“Aku mencintai-Mu dengan dua cinta, cinta karena diriku dan karena diri-Mu. Cinta karena diriku adalah keadaan senantiasa mengingatkan-Mu, Cinta karena diri-Mu adalah keadaanku mengungkapkan tabir sehingga Engkau kulihat. Baik ini maupun itu, pujian bukanlah bagiku. Bagi-Mu pujian untuk kesemuanya.”
Untuk memperjelas pengertian Al-hub yang diajukan Rabi’ah, yaitu hub Al-hawa dan hub anta ahl lahu, perhatikanlah tafsiran beberapa tokoh berikut. Abu Thalib Al-Makiy dalam Qut Al-Qulub sebagaimana dijelaskan Badawi, memberikan penafsiran bahwa makna hubb Al-hawa adalah rasa cinta yang timbul dari nikmat-nikmat dan kebaikan yang diberikan Allah. Adapun yang dimaksud nikmat-nikmat adalah nikmat material, tidak spiritual, karenanya hubb disini bersifat hubb indrawi. Walaupun demikian, hubb Al-hawa yang diajukan Rabi’ah ini tidak berubah-rubah, tidak bertambah dan berkurang karena bertambah dan berkurangnya nikmat. Hal ini karena Rabi’ah tidak memandang nikmat itu sendiri, tetapi sesuatu yang ada dibalik nikmat tersebut. Adapun Al-hubb anta ahl lahu adalah cinta yang tidak didorong kesenangan indrawi, tetapi didorong Dzat yang dicintai. Cinta yang kedua ini tidak mengharapkan balasan apa-apa. Kewajiban-kewajiban yang dijalankan Rabi’ah timbul karena perasaan cinta kepada Dzat yang dicintai.

Rabi’ah termasuk dalam golongan wanita Sufi pilihan yang mengungguli hampir semua tokoh Sufi sezaman dalam menempuh jalan menuju Allah. Jika seseorang hendak mengutip nam-nama sebagian wali Sufi besar dari periode awal Islam hingga sekarang ini, maka tak pelak lagi nama Rabi’ah pasti termasuk di dalamnya. Bahwa keunggulan ketaqwaan (taqwa), makrifat (ma’rifah), dan kezuhudan (zuhd) Rabi’ah telah menjadikannya sebagai simbul kewalian di kalangan kaum Sufi wanita cukup melukiskan kedudukannya yang tak tertandingi. Kesempurnaan dan berbagai keutamaan jiwanya (fadha’il nafsani) berkembang jauh melampaui kebanyakan wali Sufi kurun waktu kemudian, yang menjadikannya terkenal sebagai “Mahkota Kaum Pria” (Taj Al-Rijal).
Pujian ekstatik Farid Al-Din ‘Aththar kepadanya dalam Manthiq Al-Thayr menggemakan perasaan-perasaan ini:
Bukan, ia bukan seorang wanita,
melainkan lebih dari seratus orang pria,
Berjubah inti penderitaan dari kaki hingga wajah,
Tenggelam dalam kebenaran,
Lenyap dalam pancaran Tuhan,
Dan terbebas dari segenap keberlimpahan.
‘Aththar juga memuji Rabi’ah dalam karyanya Tadzkirah Al- Awliyah”: “Sang zahid mulia yang tinggal dibalik biara orang-orang pilihan Tuhan, seorang wanita suci dibawah hijab ketulusan, terbakar api cinta, tenggelam dalam kerinduan, tersulut oleh gairah kedekatan kepada Allah, utusan kesucian Maryam, diakui semua orang adalah Rabi’ah Al- ‘Adawiyah, semoga Allah merahmatinya. “Ia juga menulis, “Baik dalam berbagai keutamaan sosial (mu’amalat) dan makrifat (ma’rifah) nya, Rabi’ah tidak tertandingi pada zamannya dan diakui oleh orang-orang besar pada masanya.





PEMBAHASAN

A. BIOGRAFI RABI’AH AL – ADAWIYAH
1. Kelahiran dan Masa Kecil
Suatu teori, pemikiran , ide atau ajaran seorang tokoh dapat dikenali dan dipahami dengan baik, apabila diketahui latar belakang kehidupannya. Oleh karena itu, sebelum memasuki pokok pembahasan lebih jauh, perlu dikemukakan terlebih dahulu riwayat hidup Rabi’ah al-Adawiyah. Dengan demikian, akan dapat diketahui keadaan yang melatar belakangi perjalanan hidup, corak serta sistem pemikiran atau ajaran yang membawanya hingga tingkat cinta terhadap Tuhan Yang Tercinta.
Nama lengkap Rabi’ah adalah Rabi’ah bin Ismail Al-Adawiyah Al-Bashriyah Al-Qaisiyah. Ia diperkirakan lahir pada tahun 95 H / 713 M atau 99 H / 717 M di suatu perkampungan dekat kota Bashrah (Irak) dan wafat di kota itu pada tahun 185 H / 801 M. Tidak ada bukti otentik yang dapat menjelaskan waktu kelahirannya secara pasti. Harun Nasution, M. Mastury dan Abudin Nata menyebutkan bahwa Rabi’ah lahir pada tahun 714 M. Rabiah dilahirkan dalam keluarga yang miskin. Ayahnya bernama Ismail. Konon keluarga Ismail hidup dengan penuh taqwa dan iman kepada Allah SWT, tak henti-hentinya melakukan dzikir dan beribadah melaksanakan ajaran-ajaran Islam.
Kondisi hidup dalam kemiskinan menyebabkan Ismail dan istrinya selalu berdo’a mohon dikarunia anak laki-laki, yang diharapkan dapat membantu mengurangi penderitaan yang dialami. Namun derita kemiskinannya semakin terasa, karena sampai lahir tiga anak semuanya perempuan. Oleh karena itu, Ismail benar-benar meningkatkan ibadahnya dan memohon agar janin yang dikandung istrinya, yang keempat adalah laki-laki.
Allah SWT menghendaki lain. Manusia boleh berusaha, tetapi Allah lah yang menentukan segalanya. Anak keempat pun lahir perempuan. Itulah sebabnya , orang tuanya menamakannya Rabi’ah. Maka pupuslah harapan Ismail. Kemiskinan benar-benar menyelimutinya. Menyambut kelahiran Rabi’ah dengan derita, istri Ismail berkata kepada suaminya: “Kakanda tercinta, pergilah ke rumah sebelah. Mungkin mereka memiliki setetes minyak. Mungkin memiliki kain bekas yang pantas dihadiahkan kepada kita, tolong mintalah. Biar anak kita yang baru lahir bisa kita selimuti dengan sepotong kain”.
Keinginan istrinya itu dipenuhinya, namun tak seorang tetangga pun yang mau membukakan pintu untuk memberikan atau meminjamkan sepotong kain, maka Ismail menghibur istrinya: “Istriku, tetangga kita sedang tidur nyenyak. Bersyukurlah kepada Allah SWT, karena selama hayat kita belum pernah meminta-minta. Lebih baik selimuti saja anak kita dengan sepotong kain yang masih basah itu. Percayalah dan tawakallah kepada Allah SWT. Tentu Dia akan memberikan jalan keluar yang terbaik buat kita, dan hanya Dialah yang memelihara serta memberikan kecukupan kepada kita. Percayalah wahai istriku tercinta”.
Kalimat-kalimat diatas, digunakan oleh Abdul Mun’im Qandil untuk menggambarkan bagaimana miskinnya keluarga Ismail saat Rabi’ah dilahirkan. Ismail menamakan Rabi’ah, karena ia adalah anak yang keempat. Sedangkan Adawiyah dilakobkan karena ia berasal dari bani Adawiyah. Istri dan ketiga anaknya tidak setuju dengan nama tersebut, yang dianggap aneh dan jelek, maka Ismail pun sangat sedih. Akan tetapi saat tidur, malam hari, Ismail bermimpi bertemu Rasulullah SAW. Rasulullah SAW berkata: “Janganlah engkau bersedih, karena putrimu itu akan menjadi seorang perempuan mulia, sehingga banyak orang akan mengharapkan syafa’atnya”.
Kemudian Rasulullah SAW menyuruh ayah Rabi’ah untuk pergi menemui Isa Zadan, Amir Basrah dengan menyiapkan sepucuk surat berisi pesan Rasulullah SAW, seperti yang disampaikan dalam mimpinya. “Hai Amir, engkau biasanya shalat 100 raka’at setiap malam. Dan setiap malam jum’at 400 raka’at, tetapi pada hari jum’at yang terakhir, engkau lupa melaksanakannya. Oleh karena itu, hendaklah engkau membayar 400 dinar kepada yang membawa surat ini sebagai kifarat atas kelalaian itu”. Pada pagi hari, ayah Rabi’ah menulis sepucuk surat seperti yang dipesankan oleh Rasulullah SAW dan pergi ke istana Amir.
Dikarenakan tidak dapat langsung menemui Amir, surat itu diserahkan kepada pengawal istana, yang langsung pergi menghadap. Ketika Amir membaca surat dari ayah Rabi’ah, ia segera memerintahkan untuk segera menyerahkan 400 dinar. Namun ia segera membatalkan perintahnya seraya berkata: “Biarlah saya sendiri yang mengantarkan uang ini, sebagai penghormatan terhadap orang yang mengirim pesan ini, dan saya akan mengawasi anaknya yang mulia ini”. Dengan peristiwa tersebut, maka berubahlah persepsi Ismail dan istrinya terhadap anak perempuannya yang keempat. Kemudian mereka menyambut kehadiran Rabi’ah dengan bahagia.
Rabi’ah tumbuh dan berkembang dalam lingkungan keluarga yang terbiasa dengan kehidupan orang saleh dan zuhud. Sejak kecil sudah tampak kecerdasan Rabi’ah, sesuatu yang biasanya tak terlihat pada gadis kecil seusianya. Oleh karena itu pula sejak kecil ia sudah menyadari kepapaan dan penderitaan yang dihadapi orang tuanya. Kendati demikian hal itu tidak mengurangi ketakwaan dan pengabdian keluarga Rabi’ah terhadap Allah SWT. Dalam kehidupan sehari-harihari, ia selalu memperhatikan bagaimana ayahnya melakukan ibadah kepada Allah SWT sesuai dengan yang telah dilihat dan didengarnya dari ayahnya.
Pernah Rabi’ah mendengar ayahnya berdo’a memohon kepada Allah SWT dan semenjak itu , lafal-lafal do’a itu tidak pernah hilang dari ingatannya, selalu diulang-ulang dalam doa’nya Dengan akhlaq yang mulia, tidak jarang Rabi’ah membangkitkan rasa kagum ayahnya. Ia tidak pernah mencaci orang atau menyakiti perasaan manusia. Pernah pada suatu hari, ketika seluruh anggota keluarga telah duduk disekitar meja makan, kecuali Rabi’ah. Diceritakan oleh Muhammad Atiyah Khamis sebagai berikut: Ia masih berdiri memandang ayahnya, seolah minta penjelasan dari ayahnya mengenai makanan yang terhidang.
Dikarenakan ayahnya masih berdiam diri, Rabi’ah berkata: “Ayah, aku tidak ingin ayah menyediakan makanan yang tidak halal. Dengan keheranan ayahnya menatap muka puterinya yang masih kecil itu yang telah memperhatikan iman yang kuat. Ayahnya menjawab: “Rabi’ah, bagaimana pendapatmu jika tiada lagi yang bisa kita peroleh kecuali barang yang haram ? … “Rabi’ah menjawab: “Biar saja kita menahan lapar di dunia, ini lebih baik daripada kita menahannya kelak di akhirat dalam api neraka”.
Saat masih kecil, Rabi’ah adalah gadis yang salihah. Apalagi setelah kedua orang tuanya meninggal. Ia menjadi anak yatim piatu, yang tidak mewarisi harta benda dari orang tuanya. Kakaknya belum dewasa. Dalam usia yang masih muda belia, Rabi’ah dan kakak-kakaknya harus mencari pekerjaan untuk hidup. Satu-satunya peninggalan orang tuanya, yang agak berarti adalah sebuah perahu kecil, yang dipakai ayahnya untuk mencari nafkah. Rabi’ah melanjutkan pekerjaan ayahnya, menyeberangkan orang di sungai Dajlah. Menurut cerita, Rabi’ah yang paling siap mental maupun fisiknya untuk hidup sendiri, dibandingkan ketiga kakaknya.
Ia sering menangis karena teringat kedua orang tuanya. Namun ia juga tak jarang menangis tanpa sebab yang ia ketahui. Pernah suatu sore, sepulang dari sungai, Rabi’ah menangis tersedu-sedu lalu kakaknya ‘Abdah menegurnya: ”Apa yang sedang engkau sedihkan Rabi’ah ?” “Tak tahulah aku, namun aku merasa sedih sekali”. Jawabnya dan Rabi’ah terus saja menangis. Disela-sela isaknya ia berkata: “Aku merasakan suatu kesedian yang aneh sekali. Tak tahulah aku sebabnya. Seoalah-olah ada suatu jeritan di lubuk hatiku, yang menyebabkan aku menangis. Bagaikan suatu munajat didalam pendengaranku tak dapat aku hadapi, kecuali dengan mengucurkan air mataku”.
Setelah peristiwa tersebut, Rabi’ah selalu mimpi pada malam hari, berulang-ulang dengan mimpi yang sama. Dalam mimpi itu, Rabi’ah melihat cahaya yang amat terang, yang akhirnya menyatu dalam tubuh dan jiwanya. Setelah beberapa malam mimpi itu hadir dalam tidurnya, maka pada suatu siang hari, saat Rabi’ah berada sendirian diatas perahunya, nyatalah mimpi itu. Rabi’ah menatap cakrawala, tiba-tiba ia mendengar suara yang sangat merdu:
“Lebih indah dari senandung serunai yang merdu di kegelapan malam terdengar baca’an Al-Qur’an. Alangkah bahagianya karena Tuhan mendengarnya. Suara yang merdu membangkitkan keharuan, dan air mata pun bercucuran. Pipinya sujud menyentuh tanah bergelimang debu sedang hatinya penuh cinta Ilahi, Ia berkata, Tuhanku, Tuhanku, Ibadah kepada-Mu meringankan deritaku.
Rabi’ah segera beranjak pulang dan ingin segera tidur, karena sudah mengantuk. Akan tetapi ada kejadian yang mengejutkannya lagi. Tempat tidurnya diselimuti cahaya, yang menyenandungkan kalimat yang pernah didengarnya dan memanggil Rabi’ah: “Hai Rabi’ah, belum datangkah saatnya engkau kembali kepada Tuhanmu? ... Ia telah memilihmu, menghadaplah kepadanya”. Peristiwa-peristiwa tersebut mengantarkan Rabi’ah kepada kehidupan yang penuh dengan ibadah kepada Allah SWT. Diceritakan, bahwa sejak masa kanak-kanaknya ia telah hafal al-Qur’an dan sangat kuat beribadah serta hidup sederhana.
2. Menjadi Budak
Konon pada saat terjadinya bencana perang di Bashrah, ia dilarikan penjahat dan dijual kepada keluarga Atik dari suku Qais Banu Adwah. Derita Rabi’ah, gadis yatim piatu itu semakin bertambah ketika kota Bashrah dilanda musibah kekeringan dan kelaparan. Banyak penduduk miskin meninggal kelaparan, termasuk ketiga kakak Rabi’ah yang lemah, yang membuat ia menjadi gadis sebatang kara. Musibah itu mengakibatkan merajalelanya berbagai bentuk kejahatan dan perbudakan. Keberadaan Rabi’ah diketahui oleh orang jahat. Ia dijadikan budak dan dijual seharga enam dirham. Orang yang membeli Rabi’ah menyuruhnya mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat.
Pada suatu hari ketika ia berjalan-jalan seseorang yang tak dikenal datang menghampirinya. Rabi’ah mencoba mencoba melarikan diri, tiba-tiba ia jatuh tergelincir, sehingga tangannya terkilir. Rabi’ah menangis sambil menundukkan mukanya ke tanah, “Ya Allah, aku adalah seorang asing di negeri ini tidak mempunyai ayah bunda, seorang tawanan yang tak berdaya, sedang tanganku cedera. Namun semua itu tidak membuatku bersedih hati. Satu-satunya yang kuharapkan adalah dapat memenuhi kehendakMu dan mengetahui apakah Engkau berkenan atau tidak.
“Rabi’ah, janganlah engkau berduka,” sebuah suara berkata kepadanya, “esok lusa engkau akan dimuliakan, sehingga malaikat-malaikat iri kepadamu”. Kemudian Rabi’ah pulang ke rumah tuannya dan merawat cedera tangannya hingga sembuh. Kurang jelas berapa lama Rabi’ah menjadi budak.
3. Setelah Merdeka
Dari sini ia dikenal dengan Al-Qaisiyah atau Al-Adawiyah. Pada suatu malam, Rabi’ah bersujud dan memanjatkan do’a. Tuannya yang kebetulan terjaga dari tidur melihat dan mendengarnya do’a tersebut. “Ya Allah, Engkau tahu bahwa hasrat hatiku adalah dapat mematuhi perintah-Mu dan mengabdi kepada-Mu, tetapi Engkau telah menyerahkan diriku dibawah kekuasaan seorang hamba-Mu dan pada saat ia beribadah ada cahaya yang memancar diatas kepala Rabi’ah dan menerangi seluruh ruangan rumah. Oleh karana tuannya melihat sendiri peristiwa itu, maka saat hari mulai terang, ia memanggil Rabi’ah dan bersikap lembut kepadanya. Rabi’ah dibebaskan dan diizinkan pergi untuk meninggalkannya.
Setelah dimerdekakan tuannya, Rabi’ah hidup menyendiri menjalani kehidupan sebagai seorang Zahidah dan Sufiah. Ia menjalani sisa hidupnya hanya dengan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai kekasihnya. Ia memperbanyak tobat dan menjauhi hidup duniawi. Ia hidup dalam kemiskinan dan menolak segala bantuan materi yang diberikan orang lain kepadanya. Bahkan dalam do’anya, ia tidak meminta hal-hal yang bersifat materi dari Tuhan.
4. Perawan Seumur Hidupah
Rabi’ah al-Adawiyah telah dewasa dalam pertapaan dan tidak pernah berpikir untuk berumah tangga. Bahkan akhirnya memilih hidup zuhud, menyendiri, beribadah kepada Allah SWT. Ia tak pernah menikah karena tak ingin perjalanannya menuju Tuhan mendapat rintangan. Perkawinan baginya adalah rintangan. Ia pernah memanjatkan do’a: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari segala perkara yang menyibukkanku untuk menyembah-Mu dan dari segala penghalang yang merenggangkan hubunganku dengan-Mu. Prinsip Rabi’ah untuk tidak menikah tersebut dapat dipertahankan hingga akhir hayatnya.

B. AJARAN TASAWUF RABI’AH AL – ADAWIYAH
Rabi’ah Al-Adawiyah dalam perkembangan mistisme dalam Islam tercatat sebagai peletak dasar tasawuf berdasarkan cinta kepada Allah SWT. Hal ini karena generasi sebelumnya merintis aliran asketisme dalam Islam berdasarkan rasa takut dan pengharapan kepada Allah SWT. Rabi’ah pula yang pertama-tama mengajukan pengertian rasa tulus ikhlas dengan cinta yang berdasarkan permintaan ganti dari Allah SWT. Sikap dan pandangan Rabi’ah Al-Adawiyah tentang cinta dapat dipahami dari kata-katanya, baik yang langsung maupun yang disandarkan kepadanya. Al-Qusyairi meriwayatkan bahwa ketika bermunajat. Rabi’ah menyatakan do’anya, “Tuhanku, akankah Kau bakar kalbu yang mencinntai-Mu oleh api neraka? “ Tiba-tiba terdengar suara, “Kami tidak akan melakukan itu. Janganlah engkau berburuk sangka kepada Kami.” Diantara sya’ir cinta Rabi’ah yang paling masyhur adalah:
“Aku mencintai-Mu dengan dua cinta, cinta karena diriku dan karena diri-Mu. Cinta karena diriku adalah keadaan senantiasa mengingatkan-Mu, Cinta karena diri-Mu adalah keadaanku mengungkapkan tabir sehingga Engkau kulihat. Baik ini maupun itu, pujian bukanlah bagiku. Bagi-Mu pujian untuk kesemuanya.”
Untuk memperjelas pengertian Al-hub yang diajukan Rabi’ah, yaitu hub Al-hawa dan hub anta ahl lahu, perhatikanlah tafsiran beberapa tokoh berikut. Abu Thalib Al-Makiy dalam Qut Al-Qulub sebagaimana dijelaskan Badawi, memberikan penafsiran bahwa makna hubb Al-hawa adalah rasa cinta yang timbul dari nikmat-nikmat dan kebaikan yang diberikan Allah. Adapun yang dimaksud nikmat-nikmat adalah nikmat material, tidak spiritual, karenanya hubb disini bersifat hubb indrawi. Walaupun demikian, hubb Al-hawa yang diajukan Rabi’ah ini tidak berubah-rubah, tidak bertambah dan berkurang karena bertambah dan berkurangnya nikmat. Hal ini karena Rabi’ah tidak memandang nikmat itu sendiri, tetapi sesuatu yang ada dibalik nikmat tersebut. Adapun Al-hubb anta ahl lahu adalah cinta yang tidak didorong kesenangan indrawi, tetapi didorong Dzat yang dicintai. Cinta yang kedua ini tidak mengharapkan balasan apa-apa. Kewajiban-kewajiban yang dijalankan Rabi’ah timbul karena perasaan cinta kepada Dzat yang dicintai.
Sementara itu, Al-Ghazali memberikan ulasan tentang syair Rabi’ah sebagai berikut: “Mungkin yang dimaksud oleh Rabi’ah dengan cinta karena dirinya adalah cinta kepada Allah SWT karena kebaikan dan karunia-Nya di dunia ini. Sedangkan cinta kepada-Nya adalah karena ia layak dicintai keindahan dan keagungan-Nya yang tersingkap kepadanya. Cinta yang kedua merupakan cinta yang paling luhur dan mendalam serta merupakan kelezatan melihat keindahan Tuhan. Hal ini seperti disabdakan dalam hadis qudsi, “Bagi hamba-hamba-Ku yang saleh Aku menyiapkan apa yang tidak terlihat mata, tidak terlihat telinga, dan tidak terbesit di kalbu manusia”.
Cinta Rabi’ah kepada Allah SWT begitu mendalam dan memenuhi seluruh relung hatinya, sehingga membuatnya hadir bersama Tuhan. Hal ini seperti terungkap dalam syairnya:
“Kujadikan Kau teman berbincang dalam kalbu. Tubuhku pun biar berbincang dengan temanku. Dengan temanku tubuhku bercengkrama selalu. Dalam kalbu terpancang selalu kekasih cintaku”.
Bagi manusia yang rasa cintanya kepada Allah SWT tidak secara tulus ikhlas, Rabi’ah selalu mengatakan:
“ Dalam batin, kepada-Nya engkau durhaka, tetapi dalam lahir kau nyatakan cinta. Sungguh aneh segala ini. Andaikan cinta-Mu memang tulus dan sejati tentu yang Ia perintahkan kau taati, sebab pecinta selalu patuh dan bakti pada yang dicintai.
Dalam kesempatan bermunajat, Rabi’ah kerap kali menyampaikan, “Wahai Tuhanku, tenggelamkan aku dalam mencintai-Mu, sehingga tidak ada yang menyibukkan aku selain diri-Mu. Ya Tuhan, bintang di langit telah gemerlapan, mata telah bertiduran, pintu-pintu istana telah dikunci dan tiap pecinta telah menyendiri dengan yang dicintai, dan inilah aku berada di hadirat-Mu”.
Sewaktu fajar menyingsing, Rabi’ah berkata: “Tuhanku, malam telah berlalu dan siang telah siap menampakkan diri. Aku gelisah apakah amalanku Engkau terima hingga aku merasa bahagia, ataukah Engkau tolak sehingga aku merasa bersedih. Demi kemaha kuasaan-Mu, inilah yang akan kulakukan selama Engkau beri aku hayat, sekiranya Engkau usir aku dari depan pintu-Mu, aku tidak akan pergi karena cintaku pada-Mu telah memenuhi hatiku.”
Ajaran yang terpenting dari sufi wanita ini. adalah al-mahabbah dan bahkan menurut banyak pendapat, ia merupakan orang pertama yang mengajarkan al-hubb dengan isi dan pengertian yang khas tasawuf hal ini barangkali ada kaitannya dengan kodratnya sebagai wanita yang berhati lembut dan penuh kasih, rasa estetika yang dalam berhadapan dengan situasi yang ia hadapi pada masa itu. Cinta murni kepada Tuhan merupakan puncak ajarannya dalam tasawuf yang pada umumnya dituangkan melalui syair-syair dan kalimat-kalimat puitis. Dari syair berikut ini dapat ditangkap apa yang ia maksud dengan al-mahabbah:
حبيبى ليس يعد له حبيب ولا لسواه فى قلبى نصيب حبيب غاب عن بصرى وشخص ولكن فى فوادى ما يغيب .
“Kasihku, hanya Engkau yang kucinta, Pintu hatiku telah tertutup bagi selain-Mu, Walau mata jasadku tak mampu melihat Engkau, Namun mata hatiku memandangmu selalu.”
Cinta Kepada Allah adalah satu-satunya cinta menurutnya sehingga ia tidak bersedia membagi cintanya untuk yang lainnya. Rabi’ah berkata:
ان حبى الله لم يترك فى قلبى مكانا لمحبة ما سوى الله .
“Cintaku kepada Allah telah menutup hatiku untuk mencintai selain Dia.”
Bahkan sewaktu ia ditanya tentang cintanya kepada Nabi Muhammad SAW, ia menjawab:
انى والله احبه حبا شديدا – ولكن حب الخالق شغلنى عن حب المخلوق .
“Sebenarnya saya sangat mencintai Rasulullah SAW, tetapi kecintaanku kepada Khaliq telah melupakanku untuk mencintai siapa saja selain Dia.”
Pernyataan ini ia pertegas lagi melalui syair berikut ini dan sekaligus memperjelas makna al-hubb itu sendiri:
استغراقى التفكيرى الحبوب والانصراف عن كل ما عداه حتى يغض وكراهة الاعداء .
“Daku tenggelam dalam merenung kekasih jiwa, sirna segalanya selain Dia, Karena kekasih, sirna rasa benci dan murka.”
Suatu hari Rabi’ah ditanya orang, apakah ia mencintai Allah dan ia jawab, ya memang saya mencintai-Nya. Kemudian ia ditanya lagi, apakah ia benci terhadap setan. Rabi’ah mengatakan, karena cintaku kepada Allah SWT telah menyebabkan aku tidak mempunyai kesempatan untuk membenci setan. Menurut Rabi’ah, pecinta yang sesungguhnya harus selalu berusaha mendekatkan diri kepada yang dicintai serta harus selalu dapat mengisi hatinya. Ia menyatakan:
انى جعلتك فى الفؤاد محدثى – والجت جسمى من اراد جلوسى . فالجسم منى الجليس مؤنس و حبيب قلبى فى الفؤادى انس .
“Dalam relung hatiku Engkau teman berbincangku, Walau ragawi aku berbincang dengan sejawatku, Dengan mereka aku bersenda gurau selalu.”
Dengan dan melalui al-hubb ia ingin memandang wajah Tuhan yang selalu ia rindu, ingin dibukakan tabir yang memisah dirinya denga Tuhan.


C. AL-MAHABBAH DAN AL-MA’RIFAH
Seperti telah dijelaskan, bahwa bagian terpenting dari tujuan sufi adalah memperoleh hubungan langsung dengan Tuhan sehingga dirasakan dan disadari berada di hadirat Tuhan. Keberadaan di hadirat Tuhan itu diyakini sebagai kenikmatan dan kebahagiaan yang hakiki. Akan tetapi dalam mengartikan hadirat Tuhan itu, ternyata terdapat perbedaan konseptual, perbedaan ini bersumber dari ketidaksamaan mereka mengenai hakekat tuhan dan manusi. Sebagian sufi berpendapat bahwa Allah SWT adalah puncak Kecantikan dan Kesempurnaan, sementara yang lain menyatakan sebagai iradah, Nurul Anwar dan juga disebut Ilmu atau Ma’rifah. Di pihak lain diyakini bahwa minisis dan alam ini adalah mazhohir atau radiasi dari hakikat Tuhan, jiwa atau roh manusia adalah pancaran dari Nurul Anwar.
Untuk bisa mencapai hadirat Tuhan, harus melalui penyucian jiwa atau purgativa (takhalli) dan berlanjut kepada kontemplativa (tahalli) yang berujung ketingkat illuminativa (tajalli). Ketiga proses ini harus diisi dengan melalui stasiun-stasiun atau al-maqomat. Keseluruhan rangkaian al-maqamat itu adalah latihan olah kerohanian melalui serangkaian amal ibadah yang ketat dan khas sufi. Oleh karena itu tipe tasawuf semacam itu digolongkan kepada tasawuf amali. Untuk melakukan usaha yang berat itu, seseorang harus dilandasi rasa cinta kepada Allah SWT dalam arti yang sesungguhnya.
Al-Hubb atau mahabbah adalah satu istilah yang selalu berdampingan dengan ma’rifat, karena nampaknya manivestasi dari mahabbah itu adalah tingkat pengenalan kepada Tuhan yang disebut ma’rifat. Al-hubb mengandung pengertian terpadunya seluruh kecintaan hanya kepada Allah SWT yang menyebabkan adanya rasa kebersamaan dengan-Nya. Seluruh jiwa dan segenap ekspresinya hanya diisi oleh rasa cinta dan rindu yang tumbuh karena keindahan dan kesempurnaan Dzat Allah, tanpa motivasi lain kecuali hanya kasih Allah, sebagiamana disenandungkan oleh Rabi’ah al-Adawiyah (w.185) dalam syairnya:
الهى – لو كنت اعبدك خوفا من نارك فاحرقنى بنار جهنم , واذا كنت اعبدك طمعا فى جنتك فاحرمنيها واما ان كنت اعبدك من اجل محبتك فلا تحرمنى من مشاهدة وجهك .
“Tuhanku, bila aku mengabdi-Mu karena takut neraka, campakkanlah aku kesana. Andaikata aku mengabdi-Mu hanya karena mengejar surga-Mu jangan beri aku surga. Tapi wahai Tuhanku, bila ternyata aku menyembah-Mu hanya karena kasihku pada-Mu, janganlah tutup wajah-Mu dari pandanganku.”
Kondisi kecintaan yang tanpa pamrih demikian hanya akan tercapai dengan melalui proses perjalanan panjang dan berat (riyadhoh dan mujahadah) sehingga pengenalannya kepada Allah SWT menjadi sangat jelas dan pasti. Yang dihayati dan dirasakan bukan lagi cinta tetapi diri yang dicinta. Oleh karena itu menurut al-Ghazali, mahabbah itu adalah pintu gerbang mencapai ma’rifat kepada Tuhan. Paham al-Hubb atau mahabbah buat pertama kali diperkenalkan oleh Rabi’ah al-Adawiyah. Menurut Rabi’ah, al-Hubb itu adalah rindu dan pasrah kepada Allah SWT. Seluruh ingatan dan perasaan kepada Allah SWT. Hal ini dapat dilihat dalam ungkapan-ungkapannya yang ia cetuskan melalui gubahan kata yang indah, antara lain:
الهى – اغرقنى فى حبك حتى لا يشغلنى شىء عنك الهى انارت النجوم ونامت العيون وغلقت الملوك ابوابها وخلا كل حبيب يحبيبه وهذا مقامى بين يديك الهى هذا الليل فد ادبر وهذا النهار قد اسفر فليت شعرى اقبلت منى ليلتى فاهنا ام رد تها علي فاعز نى فوعز تك هذا دابى ما احييتنى وعز تك لو طردتنى عن بابك ما برحت عنه لما وقع فى قلبى من محبتك .
“Tuhanku, aku terbenam dalam kasihku pada-Mu, tiada sesuatu yang dapat melenyapkan ingatanku pada-Mu. Tuhanku, cahaya bintang gemerlapan, orang-orang pada tidur lelap dan pintu istana ditutup rapat, yang saling mencintai telah asyik berduaan, sedangkan aku kini bersimpuh di hadirat-Mu. Tuhanku, malam kini telah berlalu, siang akan segera menyusul, aku gelisah gunda-gulana, apakah amalku Engkau terima yang membuatku bahagia, ataukah Engkau tolak yang akan membuatku nestapa. Demi kemahaperkasaan-Mu ya Tuhan, aku akan terus mengabdi pada-Mu selama hayatku. Seandainya Engkau usir aku dari ambang pintu-Mu aku tak akan beranjak karena cintaku pada-Mu telah membelenggu jiwaku.”
Demikianlah ungkapan cinta Rabi’ah kepad Allah SWT yang telah merasuk sukmanya sehingga segala aktivitasnya tertuju hanya kepadaNya. Selanjutnya ia bersenandung:
يا حبيب القلب مالى سواكا – فارحم اليوم مذنبا اتاك يا رجائ و راحتى وسرورى – قذ ابى القلب ان يحب سوا كا .
“Kasihku, hanya Engkau harap dambaku. Alirkan karunia-Mu bagiku yang bernoda, kaulah harapanku, kedamaianku, kebahagiaanku, hatiku hanya pada-Mu semata.”
Bagi Rabi’ah, rasa cinta kepada Allah menjadi satu-satunya motivasi dalam setiap prilakunya dan sekaligus merupakan tujuan pengabdiannya kepada Allah SWT. Nampaknya bagi Rabi’ah ada dua macam cinta seperti ia katakan:
احبك حبينى حب الهوى و حب لا نك اهل لذاكا فاما الذي هو حب الهوى فشغلنى يذكرك عمن سواك واما الذي انت اهل له فكشفك لى الحجب حتى اراكا فلا الحمد فى ذاولا ذاكا لى و لكن لك الحمد فى ذا وذاكا .
“Aku mencintaim-Mu dengan dua dorongan cinta, kucintai Engkau lantaran aku cinta dan rindu dan aku cinta karena Engkau patut dicintai. Adapun cinta rindu, karena hanya Engkau kukenang selalu bukan selain-Mu. Adapun cinta karena Engkau layak dicinta, karena Engkau sibakkan tabir penutup tatapan sembahku sehingga Engkau nyata bagiku. Bagiku tentang ini, itu tidak ada puji, namun bagi-Mu sendiri segala puji.”
Menurut Rabi’ah al-Adawiyah, tujuan satu-satunya yang wajar dan sewajarnya dicintai ialah Allah SWT. Agar dapat sampai kepadanya, seorang sufi harus lebih dahulu mendidik dirinya supaya mencintai segala keindahan alam ini, merenungkannya dan meresapkannya secara mendalam. Sebab, keindahan dan kecantikan itu adalah ciri-ciri dari Dzat yang dicintai, sehingga Ma’ruf al-Kharki berpendapat, bahwa cinta tidak bisa dipelajari dari manusia, cinta adalah anugerah dan rahmat Allah SWT. Cinta manusia kepada keindahan adalah disukai Allah SWT, karena Ia sendiri adalah sumber asasi dari segala keindahan.
Seorang sufi tidak berhenti sampai disitu saja, tatapi dia akan berlanjut terus mendekat atau bersatu dengan yang dicintainya. Dalam menuju kesana itu, ia melalui tingkat yang aneka ragam sambil menjauhkan dirinya dari segala macam kejahatan. Seorang sufi harus menjadikan dirinya seorang yang bermoral mulia dan suci, keadaan ini akan mengantarkannya kepada keindahan yang sempurna. Sifat-sifat yang ada pada dirinya akan berangsur-angsur hilang dan akan terbukalah tabir yang mengitarinya dengan Tuhan sehingga tercapai ma’rifat dan terbukalah jalan untuk ittihad. Berdasarkan alasan itu, Ibn al-Faridh tidak membedakan antara al-Hubb dan ma’rifat. Menurutnya, pelepasan diri dari pengaruh rasio sehingga hati dapat leluasa untuk bekerja sendiri berdasarkan iradat Allah SWT. Hal ini berarti, bahwa cinta itu bukan bersumber dari hati atau akal, tetapi cinta adalah sesuatu yang samawi dan sangat suci.



KESIMPULAN

1. Nama lengkap Rabi’ah adalah Rabi’ah bin Ismail Al-Adawiyah Al-Bashriyah Al-Qaisiyah. Ia diperkirakan lahir pada tahun 95 H / 713 M atau 99 H / 717 M di suatu perkampungan dekat kota Bashrah (Irak) dan wafat di kota itu pada tahun 185 H/801 M.

2. Konon pada saat terjadinya bencana perang di Bashrah, ia dilarikan penjahat dan dijual kepada keluarga Atik dari suku Qais Banu Adwah. Derita Rabi’ah, gadis yatim piatu itu semakin bertambah ketika kota Bashrah dilanda musibah kekeringan dan kelaparan. Banyak penduduk miskin meninggal kelaparan, termasuk ketiga kakak Rabi’ah yang lemah, yang membuat ia menjadi gadis sebatang kara.


3. Setelah dimerdekakan tuannya, Rabi’ah hidup menyendiri menjalani kehidupan sebagai seorang Zahidah dan Sufiah. Ia menjalani sisa hidupnya hanya dengan ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai kekasihnya. Ia memperbanyak tobat dan menjauhi hidup duniawi.

4. Ia tak pernah menikah karena tak ingin perjalanannya menuju Tuhan mendapat rintangan. Perkawinan baginya adalah rintangan. Ia pernah memanjatkan do’a: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari segala perkara yang menyibukkanku untuk menyembah-Mu dan dari segala penghalang yang merenggangkan hubunganku dengan-Mu. Prinsip Rabi’ah untuk tidak menikah tersebut dapat dipertahankan hingga akhir hayatnya.


5. Ajaran yang terpenting dari sufi wanita ini. adalah al-mahabbah dan bahkan menurut banyak pendapat, ia merupakan orang pertama yang mengajarkan al-hubb dengan isi dan pengertian yang khas tasawuf hal ini barangkali ada kaitannya dengan kodratnya sebagai wanita yang berhati lembut dan penuh kasih, rasa estetika yang dalam berhadapan dengan situasi yang ia hadapi pada masa itu. Cinta murni kepada Tuhan merupakan puncak ajarannya dalam tasawuf yang pada umumnya dituangkan melalui syair-syair dan kalimat-kalimat puitis.

6. Untuk bisa mencapai hadirat Tuhan, harus melalui penyucian jiwa atau purgativa (takhalli) dan berlanjut kepada kontemplativa (tahalli) yang berujung ketingkat illuminativa (tajalli). Ketiga proses ini harus diisi dengan melalui stasiun-stasiun atau al-maqomat. Al-Hubb atau mahabbah adalah satu istilah yang selalu berdampingan dengan ma’rifat, karena nampaknya manivestasi dari mahabbah itu adalah tingkat pengenalan kepada Tuhan yang disebut ma’rifat.

http://referensiagama.blogspot.com

4 komentar: