Kamis, 20 Januari 2011

IMAN KEPADA RASUL ALLAH



IMAN KEPADA RASUL ALLAH
by Sariono Sby

Iman kepada Rasul Allah merupakan rukun iman yang keempat. Karena merupakan rukun iman yang keempat, bagi setiap muslim wajib untuk mengetahui dan mengimani 25 Nabi dan Rasul tersebut.
Nabi adalah manusia terpilih untuk menerima wahyu dari Allah. Lalu apa perbedaan Nabi dan Rasul? Nabi menerima wahyu untuk dirinya sendiri, sedangkan Rasul menerima wahyu dan memiliki tugas untuk menyampaikannya pada seluruh umat di dunia.
Sifat-sifat Nabi dan Rasul
1. Shiddiq, artinya benar. Sifat mustahilnya adalah kizib, artinya dusta/bohong.
2. Amanah, artinya dapat dipercaya. Sifat mustahilnya adalah khianat atau curang.
3. Tabligh, artinya menyampaikan wahyu dari Allah pada umat. Sifat mustahilnya adalah kitman (menyembunyikan wahyu).
4. Fathonah, artinya cerdas dan pandai. Sifat mustahilnya adalah jahlun atau bodoh.

Nama 25 Nabi dan Rasul

Berikut ini adalah nama 25 Nabi beserta kisah Nabi tersebut yang patut diketahui:
1. Adam a.s. Sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah SWT. Semua manusia adalah keturunan Nabi Adam a.s. dan Hawa.
2. Idris a.s. Beliau meninggal di usia 82 tahun. Nabi Idris a.s. memiliki otak yang sangat pandai, cerdas, dan sangat disiplin.
3. Nuh a.s. Kisah Nabi Nuh yang paling terkenal adalah saat beliau menyelamatkan umat manusia dan beberapa makhluk lainnya dari air bah dengan memakai kapal.
4. Hud a.s. Lahir dan hidup di tengah-tengah suku 'Aad yang tidak mengenal Allah. Beliau selalu mengajak kaumnya untuk menyembah Allah SWT, namun kaum tersebut menolak hingga terkena azab.
5. Shalih a.s. Mukjizat yang diterima beliau adalah unta betina. Dengan izin Allah, unta tersebut keluar dari celah sebuah batu. Tapi kaum Tsamud malah membunuh unta tersebut dan terkena azab.
6. Ibrahim a.s. Disebut bapak para nabi. Beliau adalah pendiri Ka'bah bersama anaknya, Nabi Ismail. Salah satu mukjizat beliau adalah saat beliau dibakar hidup-hidup tapi diselamatkan oleh Allah SWT.
7. Ismail a.s. Anak dari Nabi Ibrahim a.s yang ikut mendirikan Ka'bah ini pernah dikurbankan oleh ayahnya sendiri untuk mematuhi perintah Allah, namun akhirnya diganti oleh kambing.
8. Nabi Luth a.s. Tugas Nabi Luth adalah menyadarkan kaum Sodom yang homoseksual, tapi kaum tersebut tidak menurut dan Allah pun menurunkan azab kepada mereka.
9. Ishaq a.s. Adik Nabi Ismail a.s ini sering membantu ayah dan kakaknya dalam berdakwah, beliau meninggal di usia 180 tahun.
10. Yaqub a.s. Anak dari Nabi Ishaq a.s ini berdakwah pada kaum Bani Israil di daerah Syam. Beliau akhirnya wafat di Palestina.
11. Yusuf a.s. Beliau adalah laki-laki tertampan di dunia yang pandai menafsirkan mimpi. Ia pernah difitnah oleh Zulaikha yang tergoda oleh ketampanan Nabi Yusuf.
12. Syuaib a.s. Beliau bertugas menyebarkan Islam pada kaum Madyan, tapi kaum tersebut menolak dan akhirnya diberi azab berupa petir dahsyat.
13. Ayub a.s. Allah pernah mengujinya dengan membakar seluruh kekayaan dan memberinya penyakit kulit, namun Nabi Ayub tetap bersabar.
14. Dzulkifli a.s. Beliau adalah salah satu Nabi yang sangat penyabar dan selalu mengajak kaumnya untuk menyembah Allah.
15. Musa a.s. Beliau adalah Nabi yang berdakwah di zaman Firaun. Mukjizatnya adalah membelah Laut Merah yang menenggelamkan Firaun, dan tongkatnya juga dapat berubah menjadi ular besar.
16. Harun a.s. Beliau selalu menemani Nabi Musa dalam penyebaran Islam. Nabi Harun sangat pandai berdiplomasi dan pandai berkata-kata.
17. Daud a.s. Beliau pernah menjadi seorang raja yang sangat berlaku adil pada rakyatnya. Beliau adalah penerima kitab Zabur dari Allah SWT.
18. Sulaiman a.s. Beliau adalah raja bijaksana yang mampu berkomunikasi dengan para binatang.dan menaklukkan jin
19. Ilyas a.s. Bertugas untuk berdakwah pada kaum Bani Israil yang menyembah berhala. Namun kaum tersebut menolak hingga Allah menurunkan azab pada mereka.
20. Ilyasa a.s. Beliau adalah penerus Nabi Ilyas untuk memberantas berhala, namun kaum yang tinggal di lembah sungai Yordania tersebut tetap ingkar.
21. Yunus a.s. Kisah mukjizat yang paling terkenal adalah saat Nabi Yunus ditenggelamkan ke laut dan dimakan seekor ikan, tapi beliau tetap hidup.
22. Zakaria a.s. Beliau sempat bersedih karena beliau tidak memiliki anak hingga di usia tua. Namun berkat doanya, Allah pun memberi beliau seorang anak.
23. Yahya a.s. Beliau adalah anak dari Nabi Zakaria yang pernah menentang pernikahan antara Raja Herodes dan keponakannya sendiri yang bernama Hirodia.
24. Isa a.s. Putra dari Maryam ini tidak memiliki ayah hingga Maryam difitnah. Nabi Isa bahkan bisa berbicara saat masih bayi dengan seizin Allah SWT. Mukjizatnya adalah dapat menyembuhkan penyakit kusta, menghidupkan orang mati walaupun sebentar dan membuat burung dari tanah liat.
25. Muhammad SAW. Merupakan Rasul terakhir yang menyempurnakan ajaran Islam. Salah satu mukjizat beliau adalah Al-Quran yang menjadi pedoman hidup sampai sekarang.

referensiagama. blogspot.com/januari/2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar