Kamis, 13 Januari 2011

Filsafat Yunani dan Kebangkitan filsafat Islam

FILSAFAT YUNANI DAN KEBANGKITAN FILSAFAT ISLAM

Sariono Sby

Pendahuluan

Periode filsafat Yunani merupakan periode sangat penting dalam sejarah peradaban manusia karena pada waktu itu terjadi perubahan paradigma manusia dari mitosentris menjadi logosentris. Paradigma mitosentris adalah pola pikir masyarakat berdasarkan mitos untuk menjelaskan gejala fenomena alam, seperti gempa bumi dan pelangi.

Ketika filsafat diperkenalkan, fenomena alam tersebut tidak lagi dianggap sebagai aktifitas dewa, tetapi aktifitas alam yang terjadi secara kausalitas. Perubahan paradigma tersebut kelihatannya sederhana, namun implikasinya tidak sederhana karena selama ini alam ditakuti dan dijauhi kemudian didekati bahkan dieksploitasi. Manusia yang dulunya pasif dalam menghadapi fenomena alam menjadi lebih proaktif dan kreatif, sehingga alam dijadikan obyek penelitian dan pengkajian. Dari proses inilah kemudian ilmu berkembang dari rahim filsafat, yang akhirnya kita nikmati dalam bentuk teknologi. Karena itu, periode perkembangan filsafat Yunani merupakan entri point untuk memasuki peradaban baru umat manusia

Pada makalah ini, penulis tidak akan membahas Filsafat Yunani secara spesifik, namun penulis mencoba memaparkan tentang histografi filsafat Yunani ke dalam Islam, Integrasi Filsafat dan Islam dan bagaimana Hubungan keduanya. Makalah ini mencoba memberikan gambaran Filsafat Islam serta tokoh-tokoh filsafat Islam.

1.Histografi Filsafat Yunani kedalam Islam

Masyarakat Islam dilihat dari sisi latar belakang etnis, bahasa, adat dan pola kebudayaan, menampilkan keberagaman sosok yang disatukan dalam satu ikatan visi keagamaan, yaitu Islam. Islam dengan keragamannya merupakan hasil interaksi sosial, politik,dan budaya masyarakat Islam Arab dengan masyarakat-masyarakat lainnya. Islam banyak mengalami inovasi-inovasi dengan corak social, politik budaya Arab, Persia, dan Yunani ( Hellenisme), China dan Barat. Semuanya itu merupakan bagian penting dalam pembentukan peradaban Islam.

Dari segi Historis, interaksi Islam dengan peradaban dunia sangat diwarnai oleh ekspansi atau penaklukan terhadap daerah kekuasaan lain. Motif-motif penaklukan yang dilakukan kaum muslimin sejak kepemimpinan Nabi Muhammad SAW adalah Jiha>d untuk melawan orang – orang kafir yang menz}alimi kaum muslimin. Pada awal petumbuhannya, Islam dapat mengambil simpati masyarakat Arab karena semangatnya yang menegakkan keadilan. Islam bukan disebarkan dengan kekerasan atau pedang. Dalam sejarah dibuktikan, dalam ekspansi tesebut kaum muslimin tidak melakukan pemaksaan dalam hal agama.

Setelah Rasu>lulla>h SAW wafat 632 M,berturut-turut umat Islam dipimpin al-Khulafa>’ al- Ra>shidu>n, Bani Umaiyyah dan Bani Abba>siyah. Dibawah kepemimpinan Abu Bakar, Islam telah melakukan penaklukan –penaklukan dibeberapa daerah kekuasaan Byzantium dan Persia. Di akhir pemerintahan ‘Umar bin Khat{t}a>b Pada tahun 644 M ( Hodgson,2002:24), kekuasaan Islam meliputi Asia Barat, seluruh Irak, Suriah sampai Mesir Selatan dan sebagian pantai Afrika Utara ke arah Cyrenaica. Dan pada waktu kekhilafahan ‘Uthma>n bin ‘Affa>n arah peta Islam meluas ke Cyprus. Dalam perjalanan berikutnya, kekuasaan khalifah ‘Uthma>n sudah mencapai sepanjang pantai Afrika Utara sampai Tripoli. Ke arah utara dari Irak mereka menaklukkan sebagian besar Armenia dan menerobos daerah Kaukus, menempatkan Garnizun di Tiflis. Di Timur mereka telah mencapai sungai Trans-Oxiana, mereka mnguasai Heart, Afganistan, melewati Mekran, Persia Tenggara dan perbatasan Asia Selatan.

Sampai akhir pemerintahan Khulafa>’ al-Ra>shidi>n Islam hampir separuh dari wilayah kekaisaran Romawi dan Persia telah ditaklukkan. Pada masa pemerintahan bani Umayyah banyak dilakukan ekspansi ke berbagai wilayah. Utamanya ekspansi ke arah utara yaitu ke Syiria dan Mesir, yang nota bene merupakan kota-kota peninggalan peradaban Yunani.Pada masa Kekhalifahan Abba>siyah,ekspansi-ekspansi Islam dilakukan ke berbagai daerah yaitu dua imperium besar Byzantium dan Sasania, menyebabkan terjadinya intereksi dan dinamisasi bahasa, tradisi budaya, yang cepat atau lambat tak terelakkan.Dialektika dan dinamisasi tersebut berimbas kepada praktis keberagaman,pemerintahan dan pengembangan keilmuan.

Bersamaan dengan itu,juga dilakukan penerjemahan terhadap ilmu pengetahuan ilmiah dan tehnik, diantara gagasan kedokteran , matematika, astronomi, dan filsafat Hellenistik.Disamping itu juga dilakukan penerjemahan terhadap pengetahuan praksis tentang tehnik pemerintahan, manajemen pertanian dan irigasi kedalam bahasa Arab. Karena didalam pemerintahan Abba>siyah banyak menempatkan kaum mawali khusus orang-orang Persia pada jabatan-jabatan strategis, bahkan banyak tradisi-tradisi dalam pemerintahan dan keilmuan yang ditransfer dari tradisi sistem pemerintahan Persia.

Pada masa kekhilafahan ‘Abba>siyah, cakupan keilmuan saat itu berkembang dengan pesat tidak hanya terbatas tidak hanya terbatas pada masalah teologi dan keagamaan,tapi juga berkisar pada filsafat, matematika, kedokteran dan lain sebagainya.Lengkapnya ,ciri keilmuan yang muncul saat itu antara lain,teologi dan keagamaan,sastra,sejarah,geografi,sufisme,kedokteran, matematika, astronomi, filsafat dan lainnya.

Hal tersebut dapat dibuktikan dengan munculnya beberapa tokoh kenamaan. Misalnya di bidang teologi, al-Ash’ari> (935) dan al-Matu>ridi> (w.944). Di bidang sastra al-Ja>hiz (w.780) dan Ibnu Qut}aibah (w.828). Dibidang sejarah dan geografi al-Bala>dhuri> (w.820) dan al-Ya’qub (w.897). Di bidang sufisme, al- Muh}a>sibi> (w.857) dan Yazi>d al-Bust{a>mi> (w.875) dan al-Hallaj (w.922). Di bidang kedokteran al-Ra>zi> (w.923) dan Ibnu Sina> ( w.1037). Di bidang matematika dan astronomi, al-Khaw>rizmi> (w.846) dan Ibnu Haitha>m ( w.1039) dan di bidang Filsafat al-Kindi> ( w.881), al-Farabi> ( w.870) dan Ibnu Sina (w.980).

2. hubungan Islam – Yunani

Sebenarnya interaksi Islam dengan peradaban Yunani, sebagaimana dijelaskan diatas, telah terjadi sejak masa al-Khulafa>’ al-Ra>shidu>n. Namun interaksi tersebut semakin kuat dan tampak jelas wujudnya pada masa pemerintahan ‘Abba>siyah dan memberikan pengaruh yang tidak sedikit pada masa-masa setelahnya.

Penaklukkan Iskandariyah, termasuk Syiria dan Persia yang merupakan sentra Hellenisme, membawa Islam untuk bersentuhan dengan peradaban Yunani dan peradaban Timur Tengah lainnya seperti mistis Mesir, Phoenisia, Persia, Yahudi dan Kristen. Persentuhan Islam dengan tradisi Hellenistik ini pada akhirnya mempengaruhi cara dan gaya berfikir kaum muslimin. Faktor yang sangat berpengaruh terhadap penyerapan tradisi hellenistik adalah booming terjemahan. Penerjemahan karya-karya berbahasa Suryani dan Yunani ke dalam bahasa Arab terjadi pada abad ke 8 Masehi. Terjemahan karya filsafat pertama dilakukan oleh sastrawan terkemuka saat itu, Abdulla>h Ibnu al-Muqaffa dan putranya Muhammad, yang mencakup Categories, Hermeneutica, dan Analytica Apriora karya Aristoteles pada masa Khalifah al- Mans{u>r ( 754-773 M). Lalu ada Yahya bin al-Bitriq yang menerjemaahkan karya Plato yang berjudul Temaeus. Juga karya Aristoteles seperti; De Anima, Book of Animals, dan Secret of the secret.

Khalifah al-Makmu>n , mendirikan Bait al-Hikmah sebagai pusat perpustakaan dan terjemahan, sehingga lembaga ini tercata sebagai institute terbesar sepanjang sejarah penerjemahan karya-karya filsafat dan kedokteran Yunani. Dari beberapa buku yang diterjemahkan pada masa awal kedalam bahasa Arab, jelas terlihat didominasi oleh karya Aristoteles khususnya masalah logika. Hal ini disebabkan logika Aristoteles ( al-Mant}iq al-Arist}o) dirasa cocok dan memang diperlukan kaum muslimin pada saat itu sebagai alat argumentasi.

Pasca penerjemahan ilmu-ilmu Yunani ke Arab, maka filsafat Yunani tidak asing lago dikalangan akademisi muslim. Para teolog muslim mengambil sebagian tradisi filsafat Yunani, yaitu filsafat ketuhanan dan logika Aristoteles sebagai dasar argumen teologi dan alat berdebat. Kemudian para filosof muslim murni seperti al-Kindi>,al-Ra>zi>, al-Fa>rabi>, Ibnu Si>na>, Ibnu Ba>jah, Ibnu T}ufail dan Ibnu Rushd, mengambil hampir semua tradisi Yunani yang dimodifikasi dengan ajaran islam.

3.Hubungan Filsafat Islam Dengan Filsafat Yunani

Suatu kebenaran yang tidak dapat ditolak adalah pengaruh peradaban Yunani, Persia dan India. Diantara ilmu-ilmu India yang besar pengaruhnya kepada intelektual Islam adalah ilmu hitung, astronomi, ilmu kedokteran dan matematika dengan angka-angka yang oleh orang Arab disebut dengan angka India dan oleh orang Eropa dikenal dengan angka Arab. Sedangkan dari Persia terdapat ilmu bumi, astronomi, logika filsafat, ilmu ukur, kedokteran, seni dan sastra.

Pemasukan pengaruh Persia, yang dinilai lebih besar daripada pengaruh India, ke dalam Islam melalui Baghda>d, berada di lingkungan Persia sebagai ganti ibu kota sebelumnya, Damshi>k. Menurut Harun Nasution peranan yang besar dalam hal ini ialah kelurga Barmak yang turun temurun menjadi menteri, gubernur, dan sekretaris khalifah mulai dari zaman al-Saffah (750-754) sampai dengan al-Makmu>n (813-833).

Akan tetapi, pengaruh terbesar yang diterima umat Islam dalam bidang ilmu pengetahuan dan filsafat, menurut Ahmad Amin, adalah dari Yunani. Karena kontak umat Islam dengan peradaban Yunani bersamaan waktunya dengan penulisan ilmu-ilmu Islam. Logika Yunani mempunyai pengaruh besar pada alam pemikiran saat itu.

Perlu ditegaskan bahwa pengaruh bukan berarti plagiat. Betapa banyak para filosof baik Islam maupun non Islam terpengaruh oleh pemikiran filosof sebelumnya, namun mereka tidak menyandang predikat plagiator atau penjiplak. Filosof Amsterdam, Belanda, Burch De Spinoza (1632-1677) dikenal sebagai pengikut Bapak Filsafat modern asal Prancis, Rene Descartes ( 1596- 1650). Demikian pula filosof Muslim Ibnu Si>na> walaupun terpengaruh berat oleh Aristoteles, tetapi ia juga memiliki pemikiran filsafat sendiri, yang tidak dimiliki oleh mu’allim al-Awwal, Aristoteles sendiri.

Secara karakteristik , filsafat Islam menurut Sirajuddin Zar dirangkum menjadi tiga;

Filsafat Islam membahas masalah yang sudah pernah dibahas filsafat Yunani dan lainnya, seperti ketuhanan, alam dan ruh. Akan tetapi, selain penyelesaian dalam filsafat Islam berbeda dengan filsafat lain, para filosof Muslim juga menambahkan dan mengembangkan ke dalamnya hasil-hasil pemikiran mereka sendiri.

Filsafat Islam membahas masalah yang belum yang belum pernah dibahas sebelumnya seperti Filsafat Kenabian ( al-Naz}ariya>t al-Nubu>wa>t).

Dalam filsafat Islam terdapat pemanduan antara agama dan filsafat, antara aqidah dan hikmah, antara wahtu dan akal. Bentuk seperti ini banyak terlihat dalam pemikiran filosof Muslim seperti; al- Madi>nat al-Fad{i>lat (Negara Utama) dalam filsafat al-Farabi>: bahwa yang menjadi kepala Negara adalah nabi atau filosof . Begitu juga pendapat al-Farabi> pada filsafat kenabian: bahwa Nabi dan Filosof adalah sama-sama menerima kebenaran dari sumber yang sama, yakni Akal Aktif ( Akal X). Akan tetapi, berbeda hanya dari segi tehnik, Filosof melalui Akal Perolehan (Mustafa>d) dengan latihan-latihan, sedangkan Nabi dengan akal Had yang memiliki daya yang kuat (al-Qudsi>ya>t) jauh kekuatannya melebihi akal Mustafa>d filosof. Akal had Nabi berasal dari Allah, hal itu diperoleh bukan berdasarkan latihan-latihan berpikir. Oleh karena itu , pengetahuan diperoleh para nabi (wahyu) tidak mungkin bertentangan dengan pengetahuan yang diperoleh para filosof.

Jelas bahwa filsafat Islam benar-benar ada dan bukan plagiat dari filsafat Yunani. Kalau dilacak dari akar sejarahnya , pandangan Islam tentang Filsafat tumbuh besamaan munculnya Islam itu sendiri. Ketika rasulullah SAW menerima wahyu yang pertama , yang mula-mula diperintahkan kepadanya adalah ‘ membaca’. Dari kata Iqra’ inilah lahir aneka makna seperti menyampaikan, menelaah, mendalami, meneliti,mengetahui ciri sesuatu dan membaca teks baik yang tersurat maupun tersirat.

Jadi yang disebut filsafat Islam adalah perkembangan pemikiran umat islam dalam masalah ketuhanan, kenabian, manusia, dan alam semesta yang disinari ajaran Islam. Adapun difinisinya secara khusus seperti apa yang dikemukakan penulis islam sebagai berikut :

Ibrahi>m Madku>r, Filsafat Islam adalah pemikiran yang lahir dalam dunia Islam untuk menjawab tantangan zaman, yang meliputi Allah dan alam semesta, wahyu dan akal, agama dan filsafat.

Ah}mad Fu’a>d al-Ahwa>ni>. Filsafat Islam adalah pembahasan tentang alam dan manusia yang disinari ajaran Islam.

M. ‘At}if al-‘Iraqi>. Filsafat Islam secara umum didalamnya tercakup ilmu kalam, ilmu usul fiqih, ilmu tasawuf, dan ilmu pengetahuan lainnya yang diciptakan oleh intelektual Islam. Pengertiannya secara khusus, ialah pokok-pokok atau dasar-dasar pemikiran filosofis yang dikemukakan para filosof Muslim.

Kesimpulan dan saran

Hari ini kita telah berfilsafat, besok kita berfilsafat, entah kapan berakhirnya…. Semua orang berfilsafat, dan kita telah membuktikan bahwa filsafat Islam telah dikenal luas dalam pemikiran peradaban manusia baik di kalangan Islam sendiri maupun dimancanegara . Sebagaimana filsafat lain, Filsafat Islam memiliki posisi yang amat penting dalam dunia pemikiran filsafat. Bahkan orang Barat tidak akan mengenal filsafat juga sains tanpa kontribusi Islam, terutama pemikiran rasionalistik Ibnu Rushd yang menjadi motifasi timbulnya renaisans di Eropa yang kemudian membuat kemajuan Barat sekarang.

Makalah ini akan ada artinya jika kita yang hidup hari ini mampu menangkap sinyal yang diisyaratkan oleh para filosof Islam juga saintisnya dan mengaplikasikannya dengan kondisi kekenian. Mengenal filsafat Islam, berarti kita harus mampu menyelaminya. Pemakalah ingin menutup makalah ini mengutip ungkapan seorang filosof seperti yang tertera dalam kitab al- Falsafah fi> Atha>riha al-T}arikhi> oleh Taufi>q T}awi>l ;

“ Saya bukanlah seorang ahli pengetahuan , karena ahli pengetahuan itu khusus untuk Tuhan saja, saya adalah seorang Filosof , yakni pencinta ilmu pengetahuan”

1 komentar:

  1. ARE YOU IN NEED OF A PROFESSIONAL HACKER?(CATCHING A CHEATING SPOUSE, RECOVERY OF LOST FUNDS, WEBSITE HACK...)
    High prolific information and Priviledges comes rare as i would be sharing with you magnificent insight you wish you heard years before now. As it's been understood that what people don't see, they will never know.
    Welcome to the Global KOS hacking agency where every request on hacking related issues are met within a short period of time.
    If your shoe fits in any of the requested services below, you will be assigned to a designated professional hacker who is systematically known for operating on a dark web V-link protocol.
    The manual operation of this hackers is to potentially deploy a distinguished hacking techniques to penetrating computers and various type of database system to meet your request. Penetration of computing systems are achieved using software tools like Ransomeware, SQL/Keylogger injection. botnet, trojan and DDOS attacks.
    Providing value added services to clients as a hacker has been our sustaining goal.
    Are you faced with cyber challenges like
    ● Hacking into the mobile phone of a cheating spouse.✅ This type of hack helps you track every move of your cheater as we are bent on helping you gain full remote access into the cheater's mobile phone using a trojan clone cracking system to penetrate their social media platforms like Facebook, whatsapp, snapchat etc.
    ●Recovery of lost funds:✅.It saddens our mind when client expresses annoyance or dissatisfaction of unethical behaviours of scammers.
    with a diverse intercall XX breacher software enables you track the data location of a scammer. Extracting every informations on the con database, every requested information required by the Global KOS would be used to tracking every transaction, time and location of the scammer using this systematic courier tracking base method.
    ●Credit Score Upgrade:✅Due to our transformed changes on Equifax tracking , upgrading of credit score are backed by our cyber tech breaching licence, This hacking process drastically generates you an undestructive higher credit score which correlates to a higher level of creditworthiness. The time frame for upgrading a credit score requires eighteen(18) hours
    ● BITCOIN GENERATOR:✅ (Higher job profile). This involves using the ANTPOOL Sysytem drifting a specialized hardware and software implementing tool in slot even-algorithms to incentivize more coins into your wallet which in turn generates more coins exponentially like a dream at specified intervals.
    Other suberb services rendered by the globalkos are
    • Email hacks📲
    • Hacking of websites.📲
    • Uber free payment hacks.📲
    • website hack.📲
    Our strength is based on the ability to help you fix cyber problems by bringing together active cyber hacking professionals in the GlobalkOS to work with.
    For more inquiries and prolific Hacking services visit
    Clarksoncoleman(at)gmail • com.
    Theglobalkos(at)gmail •com.
    ©Global KOS™
    2030.

    BalasHapus