Selasa, 25 Januari 2011

Tafsir Surat Al Insyirah



Tafsir Surat Al Insyirah
by sariono sby


Allah berfirman, menceritakan nikmat-Nya dilimpahkan kepada Rasul-Nya, "Apakah Kami tidak diperluas payudara Anda untuk Anda" sedemikian rupa sehingga siap menerima hukum-hukum agama, tugas panggilan kepada Allah, menyerap semua banyak sisi perilaku baik, mengarahkan perhatiannya pada akhirat, dan penuh semangat melakukan semua perbuatan baik [1]. "Dan lega Anda tentang beban Anda," dosa Anda mengatakan "yang dibebani begitu berat di punggung Anda?" Allah di tempat lain, "supaya Allah mengampuni kamu Mu kesalahan masa lalu dan orang-orang untuk mengikuti, "[2]" Dan mengangkat terkenal tinggi Anda, "begitu banyak Anda adalah pujian yang tinggi dan halus. Tidak ada makhluk lain telah mencapai seperti stasiun. Oleh karena itu, pada banyak kesempatan, Allah tidak disebutkan kecuali bahwa Rasul-Nya disebutkan bersama-Nya, seperti ketika mengartikulasikan kesaksian iman ketika menerima Islam, atau selama Panggil ke Doa, atau Iqomat untuk salat, dan dalam khotbah.

Hati bangsanya mengandung cinta seperti, pembesaran, dan penghormatan bagi dia yang tidak dapat ditemukan untuk selain Allah, Maha Tinggi. Semoga Allah memberikan dia yang terbaik penghargaan atas nama bangsanya, hadiah lebih baik daripada yang diberikan kepada Nabi lainnya. "Sesungguhnya dengan kesulitan datang kemudahan, sungguh bersama kesulitan datang kemudahan," dalam ini terletak berita besar! Setiap kali seseorang terbaik dengan kesukaran dan kesulitan, kemudahan datang dengan itu dan menyertainya. Jika kesulitan memasuki lubang kadal, kemudahan akan masuk dengan itu dan keluarkan! [3] Allah Maha Tinggi, mengatakan, "Allah akan bersedia melakukan, setelah kesulitan, kemudahan." [4] Nabi (SAW) berkata, " Relief menyertai kesusahan, dan kesulitan datang kemudahan. "

Dalam dua ayat kata kesulitan yang telah didahului oleh awalan sandang tertentu sehingga membuktikan bahwa itu adalah satu. Kemudahan Kata telah ditinggalkan tidak terbatas, sehingga membuktikan bahwa itu terjadi berulang kali. 'Satu kesulitan tidak akan mengalahkan dua kemudahan. "Oleh karena itu [5] Selain itu, dalam perusahaan yang memberikan artikel yang pasti, kata kesulitan menggabungkan segala macam kesulitan, dan karena itu ayat ini membuktikan bahwa tidak peduli apa kesulitan, tidak peduli seberapa besar, kemudahan harus mengikuti.

Kemudian Allah memerintahkan Rasul-Nya, khusus, dan karena itu semua orang percaya tidak langsung, untuk bersyukur kepada-Nya dan untuk menetapkan diktat syukur: "Jadi ketika Anda sudah selesai," semua tugas Anda, dan tidak ada lagi tersisa apa-apa dalam hatimu, bahwa akan menghambat itu, "bekerja pada," dalam ibadah dan permohonan. Jadilah bukan dari mereka yang, ketika mereka bebas, buang waktu mereka dan berpaling dari Tuhan mereka dan mengingat-Nya dan sebagai tujuan tersebut sampai menjadi antara yang kalah.

Hal ini juga mengatakan bahwa arti dari ini adalah bahwa ketika Anda telah selesai doa anda, mengeluarkan upaya dalam doa, dan para pendukung pendapat ini melanjutkan dengan mengatakan bahwa "Dan mengubah semua perhatian Anda kepada Tuhanmu," berarti untuk meminta Dia untuk memenuhi kebutuhan Anda. Mereka yang mengikuti pendapat yang terakhir ini kemudian digunakan ayat-ayat ini untuk membuktikan keabsahan dari doa dan zikir setelah shalat yang ditentukan. Allah tahu yang terbaik.
Catatan Akhir

1. Bukhari catatan berdasarkan otoritas Anas bin Malik yang berkata,

'Tiga orang datang kepada Nabi sementara ia tidur sebelum wahyu datang kepada-Nya. Salah satu dari mereka bertanya, "Siapa di antara mereka dia?" Yang tengah berkata, "Dia adalah yang terbaik dari mereka." Yang terakhir berkata, "Ambil yang terbaik dari mereka." Hanya bahwa banyak yang terjadi pada malam itu dan ia tidak melihat mereka sampai mereka datang di malam lain, (setelah wahyu datang kepadanya). Dia melihat mereka, matanya tidur tapi hatinya tidak - dan begitu juga terjadi dengan para nabi: mata mereka tidur sementara hati mereka tidak tidur. Para malaikat tidak berbicara kepadanya sampai mereka membawa dia dan menempatkan dia di samping sumur Zamzam. Jibril mengambil alih dan ia memotong terbuka (bagian tubuhnya) antara tenggorokan dan bagian tengah dadanya. Mengambil segala sesuatu dari dada dan perut, ia dicuci dengan air Zamzam dengan tangannya sendiri sampai dia membersihkan bagian dalam tubuhnya. Kemudian nampan emas berisi semangkuk emas penuh keyakinan dan kebijaksanaan dibawa dan Gabriel boneka dada dan tenggorokan dan pembuluh darah dengan itu dan kemudian menyegelnya. Ia kemudian naik dengan dia ke langit dunia dan mengetuk salah satu pintunya ... '

2. Fath (48): 2
3. Kalimat ini dicatat sebagai pernyataan Nabi (SAW) oleh Hakim dan Bazzar dengan da `jika isnad.
4. at-talaq (65): 7

5. Ini adalah pernyataan ibn Mas `ud dan` Umar direkam oleh Baihaqi, Shu `ab al-Iman. Hal ini juga dilaporkan sebagai pernyataan Nabi (SAW) oleh Baihaqi dan Hakim dengan da `jika isnad.
Ibnu Katsir berkata,

'Arti dari kata-kata ini adalah bahwa dalam kedua kejadian, kesulitan kata ditambahkan ke artikel awalan pasti, al, oleh karena itu adalah tunggal. Kemudahan Kata dibiarkan tidak terbatas, dengan demikian ada lebih dari satu kejadian itu. Oleh karena itu referensi kedua untuk menunjukkan kesulitan yang sama seperti pada referensi pertama, sedangkan ada lebih dari satu contoh mudah. "

1 komentar:

  1. Terima kasih atas artikelnya. Surat Al Insyirah memang salah satu surat yang maknanya dapat membangkitkan semangat dalam menjalani kehidupan.

    BalasHapus